Inovasi Pakar IPB University, Ekstrak Secang Bisa Atasi Jerawat di Wajah


Prof Dr Irmanida Batubara, dosen IPB University dari Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang juga Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Trop BRC) temukan bahan alam Indonesia terbaik yang dapat digunakan dalam formula anti jerawat.

Bahan aktif yang dimanfaatkan sebagai anti jerawat berasal dari ekstrak secang. Kenapa secang, karena menurut Prof Irma, secang merupakan pilihan dari hasil penapisan sekitar 40 jenis bahan tumbuhan obat Indonesia yang biasa dipakai untuk kesehatan kulit. 

“Secang ini merupakan ekstrak paling baik karena punya aktivitas antioksidan yang baik, antibakteri yang baik. Secang juga menghambat kerja enzim lipase yang diproduksi oleh bakteri yang ada di kulit (Propionibacterium acnes). Enzim lipase inhibitor mengubah lemak menjadi asam lemak yang kemudian menjadi sumber nutrisi bagi bakteri. Jika enzim ini dihambat artinya nutrisi untuk bakteri berkurang, juga sebagai antiinflamasi atau antiradang. Jenis jerawat yang bisa diobati dengan secang adalah jerawat yang disebabkan oleh terlalu banyaknya bakteri di kulit (kulitnya kotor),” ujarnya.

Menurut Prof Irmanida, perkembangan industri produk anti jerawat di Indonesia saat ini sangat berkembang akan tetapi masih diperlukan produk perawatan kulit yang menggunakan bahan alami dari sumberdaya alam Indonesia. 

“Secang ini sangat berpotensi untuk dapat dikembangkan dan dikomersialkan oleh industri,” ucapnya. (dh/Zul)

 



Published Date : 04-Sep-2020

Resource Person : Prof Dr Irmanida Batubara

Keyword : inovasi IPB, manfaat secang, dosen IPB, herbal anti Jerawat