Dosen Mengabdi IPB University Kenalkan Atraktor Cumi-cumi pada Nelayan Tegal


Dosen Mengabdi IPB University kenalkan Atraktor Cumi-cumi sebagai Alternatif Sarana Pemberdayaan Masyarakat di Tegal (28/8). Dalam kesempatan ini Prof Mulyono Baskoro, Guru Besar IPB University dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) hadir secara virtual menjelaskan cara kerja atraktor cumi-cumi.

Hadir dalam kegiatan ini para nelayan, staf Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kota dan Kabupaten Tegal, staf DKP Kabupten Brebes, staf DKP Pemalang, Alumni, Mahasiswa dan Dosen FPIK Universitas Pancasakti.

Atraktor cumi-cumi adalah salah satu teknologi tepat guna yang dapat dikembangkan guna meningkatkan daya dukung sumberdaya cumi-cumi dan sekaligus merupakan sarana dalam pengembangan kawasan pantai secara terpadu. Terapan atraktor cumi-cumi ditujukan untuk memperkaya sumberdaya cumi-cumi di suatu kawasan perairan. Teknologi atraktor cumi-cumi dapat digunakan sebagai sarana dalam pengayaan sumberdaya cumi-cumi secara alami, dan sekaligus dapat meningkatkan efisiensi usaha perikanan tangkap, juga sebagai pengembangan mata pencaharian alternatif masyarakat pesisir.

“Saat cumi-cumi melepaskan telurnya, telur-telur tersebut menempel pada atraktor sampai pada akhirnya menetas. Maka atraktor cumi-cumi menjadi suatu kawasan sebagai tempat berkumpul dan bertelurnya cumi-cumi. Akan ada pemandangan unik di bawah air dengan hamparan telur cumi-cuminya. Daerah ini juga dapat berfungsi sebagai daerah asuhan,” jelasnya.

Atraktor cumi-cumi mudah dalam pembuatannya, dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, tidak memerlukan peralatan yang khusus dan juga tidak mahal. Bahan yang digunakan adalah kawat harmonika, bambu, drum bekas aspal/minyak dan tali rami/serabut kelapa.

Hadir juga selaku narasumber Dr Muhammad Imron, dosen IPB University dari Departemen PSP, Dr Sutaman, Dekan FPIK Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dan Ir Kusnadar, MSi, Kepala Laboratorium FPIK UPS Tegal. (**/Zul)

 



Published Date : 02-Sep-2020

Resource Person : Prof Mulyono Baskoro

Keyword : Atraktor cumi-cumi, FPIK, Departemen PSP, IPB University, Nelayan

SDG : SDG 9 - INDUSTRY, INNOVATION AND INFRASTRUCTURE, SDG 12 - RESPONSIBLE CONSUMTION AND PRODUCTION, SDG 14 LIFE BELOW WATER