Cerita Digdaya: Teman Virtual Pertama Bagi Mahasiswa Baru IPB University


Pandemi COVID-19 membuat kegiatan Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University bagi mahasiswa baru angkatan 57 menjadi MPKMB pertama yang dilaksanakan secara virtual.
 
Meski kegiatan menjadi serba terbatas, hal ini tidak membuat panitia MPKMB berhenti untuk berkarya dan berinovasi dengan berbagai cara dan platform. Salah satunya adalah Cerita Digdaya.
 
Cerita Digdaya merupakan sebuah siaran audio berbasis streaming atau yang biasa dikenal sebagai podcast yang bertujuan untuk menemani para civitas IPB University, khususnya mahasiswa baru selama masa pra-MPKMB. Cerita Digdaya menyuguhkan berbagai informasi mengenai lingkungan dan kehidupan kampus secara informatif dengan cara penyampaian yang bersahabat sehingga mudah diterima oleh pendengar.
 
“Cerita Digdaya disampaikan oleh empat podcasters, sebutan bagi para penyiar podcast Cerita Digdaya. Yaitu Dyni Amalia Safitri (Departemen Teknologi Industri Pertanian), Hasna Apriliani (Departemen Manajemen Hasil Hutan), Muhammad Faig Hanif (Departemen Arsitektur Lanskap), serta Ananda Putra (Departemen Manajemen). Dengan delapan episode dan satu episode special,” kata Dr Alim Setiawan, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University.
 
Beragam topik disajikan secara menarik dan berbeda di setiap episodenya. Mulai topik nostalgia kisah perjuangan menjadi mahasiswa di kampus pertanian terbaik di Indonesia, sampai mengenang keseruan saat MPKMB 56 pada tahun 2019 lalu.
 
Tidak hanya bernostalgia, Cerita Digdaya juga memberikan informasi lingkungan kampus, seperti gedung kuliah, asrama mahasiswa bagi mahasiswa baru, hingga tempat makan yang ramah dengan kantong mahasiswa.

“Selain itu, di podcast ini juga mengajak para pendengar untuk mengenal kehidupan kampus IPB University khususnya kehidupan selama menjalani Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) yang akan dijalani oleh mahasiswa baru pada tingkat pertama perkuliahan di IPB University,” ujarnya.
 
Cerita Digdaya juga mengulas tips dan trik selama perkuliahan online. Mengingat perbedaan situasi, kondisi, dan kebiasaan antara proses belajar di sekolah dengan proses belajar di perguruan tinggi, terlebih dilakukan secara virtual. Cerita Digdaya juga mengajak beberapa narasumber yang ahli di bidangnya untuk berbagi cerita dan pengalaman mengenai tiga soft skill yang dirasa sangat penting untuk dimiliki mahasiswa, yaitu soft skill public speaking, leadership, dan entrepreneurship.
 
Tak hanya searah, Cerita Digdaya menutup ceritanya dengan episode tambahan dengan berisikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan oleh para civitas IPB University melalui fitur Instagram Story milik MPKMB di Instagram @mpkmbipb. Pertanyaan yang diajukan seputar kehidupan kampus IPB University hingga kebiasaan unik para mahasiswa IPB University selama menjalani perkuliahan.
 
Tertarik mendengarkan keasikannya? Podcast Cerita Digdaya dapat didengarkan kapanpun dan dimanapun melalui kanal Spotify MPKMB IPB University. (Rz/Zul)



Published Date : 07-Sep-2020

Resource Person : Dr Alim Setiawan Slamet

Keyword : MPKMB, IPB Unversity, Cerita Digdaya, mahasiswa baru