Agar Agrowisata Setugede Berkembang, Dosen Mengabdi IPB University Sarankan Kerjasama dengan Desa Sekitar


Lurah Situgede, Kota Bogor, Kartini Wulandari, SSos mengatakan bahwa Kelurahan Situgede memiliki keunggulan dari segi pemandangan alam arena berada di Kawasan Hutan Percobaan CIFOR serta memiliki komunitas petani dan kelompok usaha pengolahan makanan khas Bogor seperti dodol talas dan keripik berbahan baku singkong. Selain itu, ada juga kelompok usaha kerajinan lampu hias dari bahan styrofoam, sepatu, dan kreasi lainnya.

“Oleh karenanya, kegiatan Dosen Mengabdi IPB University sangat relevan dengan kebutuhan kelurahan beserta masyarakat. Terutama dalam menggerakkan kembali agroeduwisata berbasis masyarakat yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat Kelurahan Situgede dan sekitarnya. Pendampingan merupakan salah satu aspek yang diharapkan dapat dilakukan oleh IPB University melalui program yang relevan dan juga oleh pemerintah kota serta swasta,” ujarnya dalam pembukaan program Dosen Mengabdi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) di Kelurahan Situgede, (18/8).

Dalam program Dosen Mengabdi ini, Dr Siti Amanah, dosen IPB University dari Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia hadir berbagi ilmu.  Dr Siti mengatakan bahwa kegiatan Agroedutourism akan terlaksana jika masyarakat sebagai pengelola usaha mempunyai komitmen, motivasi, kemampuan, ada penggerak, ada mitra kerjasama dan mampu membangun sistem. Usaha Agroedutourism berjalan dengan baik bilamana masyarakat Situgede membangun sistem, marketing dan promosi, kerjasama dan sinergi, serta melakukan perbaikan terus menerus dan evaluasi.

“Contoh Agroedutourism yang berhasil adalah Ecovillage Baraya Desa Bandungan Ciawi Kabupaten Bogor yang menyinergikan upaya pelestarian lingkungan dengan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Di masa pandemi, Ecovillage tersebut sempat memanen ikan yang ditanam di saluran air lingkungan setempat. Lumbung Lauk Pauk yang dicanangkan berhasil menjadi unggulan komunitas setempat,” ujarnya.

Untuk itu, Situgede bisa mencontoh keberhasilan Ecovillage dalam mengembangkan Agroedutourism di Situgede dengan menggandeng desa tetangga. Ada Desa Cikarawang (tetangga desa Situgede) yang mempunyai Gapoktan yang aktif mengembangkan usaha ekonomi produktif berbasis pertanian, yakni Gapoktan Mandiri Jaya.  “Masyarakat Kelurahan Situgede dapat bekerjasama dengan masyarakat desa sekitar dalam mengembangkan Agroeduwisata,” imbuhnya. (**/Zul)



Published Date : 02-Sep-2020

Resource Person : Dr Siti Amanah

Keyword : Dosen Mengabdi, Agroedutourism, Situgede, dosen IPB

SDG : SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH, SDG 17 - PARTNERSHIPS FOR THE GOALS