Arsip Terkait Pandemi COVID-19 Masuk Kategori Arsip Terjaga


Arsip terkait Pandemi COVID-19 termasuk arsip terjaga. Yakni arsip negara yang berkaitan dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang harus dijaga keutuhan, keamanan dan keselamatannya. Arsip terjaga meliputi arsip kependudukan, kewilayahan, kepulauan, perbatasan, perjanjian internasional, kontrak karya dan masalah-masalah pemerintahan yang strategis. Hal ini disampaikan Kepala Sub Bagian Layanan Arsip dan Pembinaan Kearsipan, Ir Setyo Edy Susanto, SThI, MPd dalam Halal Bihalal dan Seminar Kearsipan Forum Pengelola Arsip (FPA) IPB University, (18/6). 

Mengacu pada amanat Pasal 43 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Arsip Terjaga wajib dilaporkan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) paling lama 1 (satu) tahun sejak terjadinya kegiatan. Arsip yang dilaporkan adalah dalam bentuk “Daftar Berkas Arsip Terjaga” dan “Daftar Isi Berkas Arsip Terjaga” yang berisi arsip-arsip terjaga yang tercipta pada tahun anggaran berjalan.

Dalam acara yang mengangkat tema “Budaya Silaturahim Virtual dan Peranan Arsiparis dalam Era Pandemik COVID-19”, Kepala Unit Arsip IPB University, Drs B Mustafa, MLib mengatakan salah satu hikmah positif yang dapat dipetik di balik Pandemi COVID-19 bagi tenaga fungsional arsiparis yaitu dapat meningkatkan pengetahuan melalui seminar-seminar kearsipan virtual yang banyak diselenggarakan berbagai pihak tanpa biaya. Bahkan bisa dilakukan saat ada di rumah.

“Sertifikat-sertifikat yang diperoleh menjadi nilai tambah dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) para arsiparis. Diharapkan selama masa pandemi ini, para arsiparis dan pengelola arsip di lingkungan IPB University dapat tetap produktif meskipun bekerja dari rumah dan terus dapat meningkatkan kinerja. Pandemi COVID-19 memberikan hikmah untuk melakukan sebuah gerakan perubahan ke arah perbaikan,” ujarnya. (Dh/Zul)

 



Published Date : 22-Jun-2020

Resource Person : Drs B Mustafa, MLib

Keyword : Arsip Pandemi COVID-19, Unit Arsip IPB University, arsiparis