Tingkatkan Komersialisasi Inovasi, IPB University Gelar Workshop Pengukuran KATSINOV-Meter


Direktorat Inovasi dan Kekayaan Intelektual (DIK) IPB University mengadakan Workshop Pengukuran Katsinov-meter melalui aplikasi zoom meeting (5/5). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Innovation Readiness Level-Meter (IRL-Meter) atau KATSINOV-Meter (Tingkat Kesiapan Inovasi-Meter) kepada tim IPB University yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan serta Komite Komersialisasi Invensi (KKI) IPB University.
 
”Riset di IPB University rata-rata bersifat invensi dan baru sekitar 40 persen yang sifatnya inovasi. Selama ini, IPB University telah dan terus melakukan hilirisasi invensi ke industri. Dalam prosesnya, kesiapan invensi diukur dengan menggunakan Tingkat Kesiapterapan Teknologi/Technology Readiness Level (TKT/TRL), namun dijumpai kendala pada penghitungan aspek bisnisnya,” ujar Prof Dr Erika B. Laconi, MS selaku Wakil Rekor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan.  Prof Erika adalah dosen IPB University dari Fakultas Peternakan.

Pada kesempatan ini, hadir sebagai narasumber, yaitu Eka Gandara, SPi, MSi sebagai Kasubdit Kemitraan Strategis dan Wahana Inovasi KemenRistek/BRIN, Sania Diaurrahmi, SPt, ME sebagai Kepala Seksi Kemitraan Strategis KemenRistek/BRIN serta Ir Susalit Setya Wibowo, MSc selaku Tim Ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang menyampaikan materi terkait konsep dasar dari KATSINOV-Meter yang terdiri dari enam tingkatan/level.

Hadir juga Dr Yudi Widayanto yang menjelaskan secara detail 124 indikator penilaian dari tujuh aspek kunci yang ada pada KATSINOV-Meter. Yakni teknologi, pasar, manufaktur, organisasi, kemitraan, investasi dan risiko.

Sementara itu, dalam paparannya, Eka menjelaskan bahwa KATSINOV-Meter adalah alat ukur yang dirancang untuk memitigasi atau mendorong kesiapan invensi ke tahap komersialisasi dan mengurangi risiko kegagalan dalam pemanfaatan produk inovasi.   ”Ke depan, KATSINOV ini dapat berperan aktif dalam upaya komersialisasi produk-produk yang kita hasilkan,” ujarnya.
 
Acara ini juga dihadiri Dr Syarifah Iis Aisyah, MscAgr, dosen IPB University dari Departemen Agronomi dan Hortikultura selaku Direktur Inovasi dan Kekayaan Intelektual, para direktur dan kasubdit di lingkungan Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof Dr Eko Sri Wiyono, SPi, MSi, dosen IPB University dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) selaku Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Penyelarasan Penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Tim KKI serta staf DIK IPB University. (**/Zul)

 



Published Date : 07-May-2020

Resource Person : Dr Yudi Widayanto

Keyword : inovasi, komersialisasi, IPB University, dosen IPB

SDG : SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH