Leadership School: Wadah Mahasiswa IPB University Kembangkan Softskill Secara Daring


Direktorat Kemahasiswaandan Pengembangan Karir (Ditmawa PK), Asrama Kepemimpinan dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB University gelar Leadership School (9/5). Leadership School (LS) merupakan kegiatan pengembangan softtkill untuk mahasiswa IPB University angkatan 56 Andamaru Jayantara. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta yang telah terseleksi. Kegiatan yang dilaksanakan secara online berupa Bincang Leaders dan Tokoh ini mengangkat tema "Create Agile leader To Make Creat Global Impact".

Dalam sambutannya Dr Alim Setiawan S,  selaku Direktur MawaPK, mengatakan bahwa pelaksanaan LS memiliki visi yang mulia yaitu menumbuhkan benih-benih kepemimpinan sejak dini. Menurutnya pemimpin harus memiliki kecerdasan fisik, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual.

Pada kesempatan ini, Bharaha Wicaksana selaku Presiden Mahasiswa IPB University menjadi narasumber yang memaparkan materi berjudul "Strategi dan Tantangan Organisasi di Era COVID-19". Dalam paparannya, Bharaha memberikan motivasi agar mahasiswa tetap progresif dan berkontribusi dalam menjalankan organisasinya. Tantangan di era COVID-19 perlu dihadapi dengan pemikiran yang tenang dan terus tetap berkomunikasi.

"Menjadi pemimpin yang agile bukan berarti harus serba cepat semuanya. Tapi kita harus bisa beradaptasi dengan segala kebutuhan yang ada dan lingkungan yang ada. Jika kita harus berhenti, maka kita harus berhenti dengan cepat. Jika kita harus berlari, maka kita harus berlari dengan cepat. Itulah yang disebut pemimpin yang lincah,” ujarnya.

Antusias peserta ditunjukkan dengan penuhnya ruangan google meet sebagai media dalam pelaksanaan Leadership School (LS 2020). "LS 2020 ini memang sangat luar biasa, pemateri yang dihadirkan adalah para pemimpin yang benar-benar berkompeten. Yaitu para ujung tombak dari semua kelembagaan yang berkaitan dengan kemahasiswaan," ujar Ageng Pujas Alksyaf P, salah satu peserta LS 2020.

Sementara itu, menurut Ainun Fiki, selaku Ketua Pelaksana LS 2020, kegiatan ini diharapkan dapat mencetak bibit pemimpin yang mempunyai pemikiran kritis, visioner dan berdampak bagi sesama. Dan yang paling utama Leadership School IPB 2020 dapat menciptakan insan kreatif di kalangan mahasiswa IPB University. (**/Zul)


 



Published Date : 11-May-2020

Resource Person : Dr Alim Setiawan S

Keyword : Leadership School 2020, Ditmawa PK, IPB University, softskill mahasiswa