Himasper Hadirkan Alumni Berprestasi untuk Motivasi Mahasiswa Siap Mencari Beasiswa


Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University mengadakan acara “Talk From Home” yang mengangkat tema “Make Dreams Come True” (17/5). Talk From Home adalah kegiatan Himasper dari Divisi Eksternal berupa diskusi yang melibatkan para alumni secara online.

Talk From Home season 2 mengundang dua alumni sebagai pembicara  yaitu Naila Khuril Aini dari PMDSU Scholarsip dan Lusita Meilana dari Chinese Government Marine Scholarsip. Kegiatan ini membahas tentang persiapan mendapatkan beasiswa dan pentingnya organisasi untuk menunjang softskill.

Naila Khuril Aini yang sangat menekuni ilmu dari spesies mimi atau belangkas ternyata aktif berorganisasi saat masih kuliah. Naila pernah menjadi Sekretaris Himasper pada tahun 2014-2015 dan mengikuti asosiasi keluarga mahasiswa Nahdlatul Ulama dari tahun 2015 sampai sekarang. Keterampilan tambahan Naila Khuril Aini adalah mengajar, pembicara, analis, dan pengabdi masyarakat.

“Sebagai mahasiswa kita perlu jaringan (networking) untuk mengasah softskill, kritis, dan belajar berpendapat. Selama mengikuti organisasi, kita bisa mencari kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri dan harus totalitas,” ujarnya.

Sementara itu, Lusita Meilana yang saat ini sedang melanjutkan studinya di Xiamen University juga menceritakan kegiatannya saat masih kuliah. Wanita yang sering didapuk menjadi pembicara di beberapa acara ini sedang menekuni spesies kepiting tapal kuda.

Semasa di bangku perkuliahan Lusita aktif mengikuti AIESEC IPB University (2013-2014), Forum for Scientific Studies (FORCES) IPB University (2012-2013), Biodiversity Himasper (2011-2012),  Student Executive Council IPB University (2011-2012), dan Student Association of Living Aquatic Resources Management IPB University (2012-2013).

“Selama mengikuti organisasi harus berani menantang diri, asah softskill yang kita miliki, asah public speaking dan jangan menjadi orang yang introvert selama berorganisasi. Selama berorganisasi kita perlu meningkatkan kekurangan menjadi kelebihan, mencari penyebab yang membuat kita tidak percaya diri, mencari motivasi dan berbagi cerita kepada siapapun. Untuk mencari beasiswa, kita harus mempersiapkan CV sejak jauh-jauh hari dan tentukan tujuan untuk masa depan,” terangnya.

Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa IPB University khususnya mahasiswa dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan mendapatkan gambaran tentang pentingnya berorganisasi dan persiapan beasiswa sejak dini untuk mewujudkan cita-cita masa depan. (**/Zul)

 



Published Date : 22-May-2020

Resource Person : Naila Khuril Aini

Keyword : Naila Khuril Aini, Lusita Meilana, PMDSU, Himasper, IPB University, beasiswa