Dosen IPB University Paparkan Khasiat Binahong untuk Tangkal COVID-19


Meningkatnya konsumsi rempah-rempah yang dinilai mampu menangkal COVID-19 menyebabkan kenaikan harga jahe dan rempah-rempah lain. Selain itu, suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh pun mulai sulit ditemukan di pasaran.

Menanggapi keadaan tersebut, IPB University menggelar diskusi “Kampus Desa Edisi Online Ke-52” yang bertemakan “Binahong, Tumbuhan Obat yang Mudah Tumbuh di Sekitar Rumah Kita untuk Menangkal COVID-19”. Dr Amiruddin Saleh, Kepala Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2SDM LPPM) IPB University membuka diskusi Kampus Desa ini secara daring pada 7/5.

Prof Ervizal AM Zuhud atau yang biasa dipanggil Prof Amzu, dosen IPB University yang tergabung dalam Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Tropika Fakultas Kehutanan menyatakan bahwa binahong bisa menjadi tumbuhan obat murah untuk menangkal COVID-19. Selain murah, binahong juga mudah didapatkan. Binahong bisa ditanam di mana saja.

“Hal ini sudah terbukti baik melalui banyak pengalaman juga secara ilmiah dan didukung dengan 100 lebih publikasi terkait binahong sebagai tumbuhan obat yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit,” jelas Prof Amzu.

Binahong memiliki daun yang lembut. Jika diremas, daunnya akan berlendir. Pada batang binahong terdapat umbi. Umbi inilah yang biasanya digunakan sebagai bibit binahong.
Cara konsumsi binahong pun bisa bermacam-macam. Daun dan bunga binahong bisa direbus dengan air. Airnya tersebut dapat diminum. Daunnya juga bisa dikonsumsi sebagai sayuran atau lalapan. Bisa juga dijus dan dicampur dengan madu, jahe dan jeruk nipis.

“Jika sebelumnya kita minum obat-obatan lain dan minuman keras, konsumsi binahong harus ditunda dahulu sekitar empat jam. Olahan binahong boleh dicampur. Namun, ada yang menyatakan binahong tidak boleh dicampur dengan kopi, pil kina dan minuman keras,” tambahnya lagi.

Salah satu fenomena yang tidak terduga tentang binahong yaitu, ternyata terkandung dalam pien tze huang. Biasanya orang membeli pien tze huang untuk mengeringkan luka pasca operasi di gerai herbal. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

“Daripada beli mahal. Sebenarnya Anda cukup mengonsumsi binahong yang ditanam di lahan kosong depan rumah saja, sudah bisa mengeringkan luka pasca operasi,” singkatnya.
Khasiat binahong bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti antikanker, eksim, penyembuhan operasi, lemah syahwat, gangguan fungsi jantung, radikal bebas, penuaan dini, antiinflamasi dan masih banyak lainnya. Binahong mengandung saponin, flavonoid dan masih banyak kandungan lainnya yang berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus. Binahong juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.  “Secara farmasi, tidak masuk akal. Tapi, berdasarkan riset sudah terbukti juga khasiatnya,” tegasnya.

Prof Amzu juga mengungkapkan bahwa banyak hikmah yang dapat dipetik dengan adanya pandemi COVID-19. Di antaranya seperti mulai diakuinya obat tradisional sebagai penangkal berbagai macam penyakit. Selain itu, pemanfaatan rempah-rempah juga semakin banyak. Dari hal tersebut terbukti bahwa pandemi COVID-19 ini meningkatkan kemandirian bangsa dan tidak bergantung terus-menerus dengan obat atau barang impor.

Dalam kesempatan ini juga Dr Yannefri Bakhtiar, Kepala Divisi Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat, P2SDM selaku Koordinator Kampus Desa menambahkan salah satu hikmah pandemi COVID-19, yakni meluasnya sasaran Kampus Desa. Biasanya diikuti oleh masyarakat di satu desa dan sekitarnya, sekarang dengan edisi online ini dapat dijangkau dengan lebih luas, bahkan seluruh Indonesia (AD/Zul).
 



Published Date : 11-May-2020

Resource Person : Prof Ervizal AM Zuhud

Keyword : dosen IPB, Binahong, COVID-19, khasiat, obat, tumbuhan, P2SDM, IPB University

SDG : SDG 3 - GOOD HEALTH AND WELL-BEING