Dosen IPB University Beri Penjelasan Dampak COVID-19 pada Sektor Ekonomi


“Perekonomian Indonesia Antara Lockdown Dan PSBB” merupakan tema diskusi yang diangkat pada Rumah Diskusi yang dilaksanakan  oleh Himpunan Profesi Mahasiswa Agribisnis (HIPMA) IPB University pada (2/5) dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidang tersebut yaitu Dr Bayu Krisnamurthi,  dosen IPB University dari Departemen Agribisnis. Pada diskusi ini, sosok yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan dan Wakil Menteri Pertanian ini  memberikan apresiasi kepada peserta yang telah melaksanakan dan mengikuti kegiatan Rumah Diskusi ini.

Menurutnya di saat kondisi seperti sekarang kegiatan diskusi memang harus banyak dilakukan, selain untuk mengisi waktu luang ketika di rumah, hal ini juga menambah wawasan mahasiswa tentang perkembangan kondisi Indonesia saat ini dan sebagai wadah untuk bertukar pikiran.

Lebih lanjut, Dr Bayu menyampaikan bahwa Indonesia termasuk lambat dalam persiapan penanganan COVID-19. "Jika melihat kurva COVID-19 yang berbentuk lonceng, kemudian kita mencerminkan lonceng ke bawah maka  akan membentuk kurva yang landai dan itu merupakan kurva yang menggambarkan penurunan kegiatan ekonomi, sehingga apabila kita memilih kurva COVID-19 yang tinggi maka akan menyebabkan kurva ekonomi yang landai, namun sebaliknya jika kita memilih kurva COVID-19 yang landai maka akan menyebabkan kurva ekonomi yang cekung ke dalam," jelasnya.

Dalam keadaan pandemi seperti sekarang logistik pangan harus terus berjalan, masyarakat harus terus saling membantu dari seluruh kalangan agar dapat memenuhi logistik pangan, begitu juga para petani yang harus terus berproduksi karena kehidupan masyarakat kota yang terjebak di kediaman saja sangat membutuhkan pangan dari petani.

Dr Bayu menjelaskan kondisi ekonomi Indonesia dapat dipulihkan kembali pasca COVID-19 namun harus dipastikan bahwa pasca pandemi tersebut semua orang dalam kondisi sehat sehingga produktivitas ekonomi dapat terus bekerja dan masyarakat harus tetap mempertahankan daya belinya.
 (*/RA)


 



Published Date : 14-May-2020

Resource Person : Dr Bayu

Keyword : dosen IPB, agribisnis, FEM IPB

SDG : SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH