Dosen IPB University Bagikan Tips Menjadi Smart Consumer Good Spender


Semakin menjamurnya marketplace online di Indonesia, membuat masyarakat semakin sering berselancar dan melihat produk-produk yang dijual secara online. Dengan adanya fenomena seperti ini, masyarakat perlu menjadi konsumen yang cerdas supaya tidak sia-sia atau menyesal setelah membeli barang. Oleh karena itu, Agustina Widi Palupi, SE, MM, Dosen IPB University dari Sekolah Bisnis memberikan tips menjadi Smart Consumer Good Spender.

"Kondisi ini harus diantisipasi terutama di tengah ekonomi yang sulit dan merebaknya pandemi maupun gempuran informasi pasar di era digital. Ini menuntut kita untuk terus menjadi konsumen cerdas," paparnya.  
Untuk menjadi konsumen cerdas, Agustina mengajak masyarakat supaya membeli barang berdasarkan prioritas kebutuhan. Ia juga menghimbau supaya tidak menjadi konsumen yang impulsive dalam bertransaksi.

"Ada banyak sekali produk dan jasa yang menarik ditawarkan baik secara online maupun offline. Oleh karena itu produk yang dibeli harus berdasarkan kebutuhan," papar Agustina.

Lebih lanjut ia menerangkan, masyarakat harus teliti sebelum membeli. Ia menyarankan supaya masyarakat bisa mengecek informasi produk atau jasa yang akan dipilih dengan baik. Hal yang perlu dipastikan adalah mutu, keamanan, harga dan mekanisme pelayanannya yang diharapkan.

Agustina juga mengajak masyarakat supaya selektif dalam memilih produsen dan penjual. Menurutnya, tampilan iklan dan tawaran diskon seringkali mengecoh konsumen sehinga konsumen perlu memilih produsen dan penjual yang terpercaya.

Untuk menjadi konsumen cerdas, masyarakat perlu mengatur pengeluaran dan berpola hidup hemat. "Konsumen cerdas harus dapat merencanakan pengeluarannya dengan baik agar tidak terjebak dalam masalah finansial di kemudian hari. Lakukan penghematan dan sisihkan sebagian dananya
untuk menabung," jelas Agustina.  

Ia juga mengajak masyarakat supaya membeli produk-produk dalam negeri. Hal ini karena dengan membeli produk dalam negeri, tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan, tetapi juga membantu perekonomian bangsa.

 



Published Date : 14-May-2020

Resource Person : Agustina Widi Palupi, SE, MM,

Keyword : dosen IPB, Agustina Widi Palupi, Sekolah Bisnis IPB, Smart Consumer Good Spender

SDG : SDG 12 - RESPONSIBLE CONSUMTION AND PRODUCTION