Dosen IPB University Bagikan Tips Bangun Kerjasama dalam Kelompok


Saat ini, kita sedang menjalani Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH) untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Namun demikian, tanggung jawab pekerjaan dan aktivitas pembelajaran tetap harus dijalankan dengan sebaik mungkin. Dalam melaksanakan berbagai aktivitas tersebut, kerap kali kita memperoleh beberapa tugas yang harus dilakukan secara berkelompok. Tentu, bekerja dalam kelompok sangat membutuhkan koordinasi dalam pembagian tugas untuk setiap anggota.

Pentingnya pembagian tugas kelompok ini  untuk mencapai efektivitas tujuan kelompok yang sudah dirumuskan. Idealnya, dalam pembagian tugas kelompok harus disesuaikan dengan kemampuan bidang atau keahlian para anggota. Namun, ada kalanya dalam proses koordinasi pembagian tugas ini, kelompok menghadapi beberapa permasalahan atau kendala. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk menghadapi masalah tersebut dan mencari rumusan solusi sebagai jalan keluar untuk menghasilkan keputusan pembagian tugas dalam kelompok yang tepat.

Menurut Titania Aulia, MSi, dosen Divisi Komunikasi dan Penyuluhan, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University, ada beberapa cara untuk membangun kerjasama dalam kelompok.
Yakni pilihlah pemimpin yang adaptif terhadap situasi. Gunakan media komunikasi yang tepat yang dapat dijangkau oleh seluruh anggota kelompok untuk memudahkan proses komunikasi yang interaktif antar anggota kelompok. Analisis penyebab yang memicu permasalahan dengan melihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Lakukan brainstorming atau diskusi kelompok untuk memecahkan masalah agar dapat memperoleh solusi atau keputusan yang terbaik untuk kepentingan bersama. Dan bangun suasana atau “iklim” positif dengan selalu mengedepankan rasa saling percaya dan memberi semangat antar anggota kelompok,” ujarnya. (dh/Zul)


 



Published Date : 08-May-2020

Resource Person : Titania Aulia

Keyword : Titania Aulia, WFH, SFH, membangun kerjasama kelompok, dosen IPB