Desanya Hanya Terima 1 Set APD, Mahasiswa IPB University Aktif Sosialisasi Pencegahan COVID-19


Saat ini, pandemi COVID-19 semakin hari semakin perlu diwaspadai karena jumlah korban yang berjatuhan semakin bertambah. Melihat kondisi ini, empat mahasiswa IPB University yaitu Alex Sander dan Azi (Fakultas Matematika dan IPA), Ana dan Eko (Fakultas Pertanian) yang berasal dari Desa Dusun Besar, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, tergabung di Komunitas Pemuda Peduli Kayong Utara.  Selain itu empat mahasiswa ini membuat komunitas khusus desa Dusun Besar, Kabupaten Kayong Utara menjadi volunter membantu para tim medis. Selain dengan mahasiswa IPB University, mereka juga menggandeng mahasiswa dari perguruan tinggi lain untuk memberikan bantuan.

“Bantuan berupa 500 tablet vitamin dan spanduk yang berisi knowledge tentang pencegahan COVID-19,” ujar Alex.

Menurutnya, berdasarkan penuturan Penanggungjawab Wilayah Satuan Tugas Puskesmas Tanjung Satai Kecamatan Pulau Maya,  Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, saat ini Desa Dusun Besar hanya mendapatkan bantuan 1 set Alat Pelindung Diri (APD). Untuk itu dibutuhkan peran serta pemuda dalam mensosialisasikan pencegahan dan bahayanya COVID-19.

“Sebagian masyarakat kurang mengerti bahkan tidak menghiraukan bahayanya virus Corona ini. Hal ini ternyata berbanding lurus dengan tingkat pendidikan masyarakat setempat. Rata-rata yang pendidikannya mencapai SMP/sederajat, sudah paham tentang pandemi ini. Sehingga penanggung jawab wilayah sangat mengharapkan peran mahasiswa untuk mensosialisasikan cara pencegahan dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 ini. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada para donatur di Kabupaten Kayong Utara,” ujar Alex Sander.

Alex juga berharap kontribusi mereka di posko COVID-19 Desa Dusun Besar dapat membantu para tenaga medis untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat setempat. Utamanya agar warga selalu menjaga kebersihan dan tetap tenang menghadapi pandemi COVID -19. (**/Zul)
 



Published Date : 27-Apr-2020

Resource Person : Alex

Keyword : COVID-19, Mahasiswa, IPB University

SDG : SDG 3 - GOOD HEALTH AND WELL-BEING