Biro Hukum IPB University Tetap Berikan Layanan Selama WFH


Mencermati perkembangan penyebaran COVID-19 yang telah meluas dan terus mengalami peningkatan membuat IPB University menetapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) sejak 17 Maret lalu bagi seluruh sivitas akademikanya.

Widodo Bayu Ajie, SH, Kepala Biro Hukum menyatakan bahwa pemberian layanan hukum selama masa WFH tetap berjalan sebagaimana mestinya. Walaupun semua harus tetap bekerja secara normal di rumah, koordinasi dan rapat-rapat dilakukan secara virtual melalui video konferensi dan telepon.

"Namun WFH bukan tanpa konsekuensi, petugas yang bekerja di rumah, wajib bekerja dan stand by smartphone atau laptop yang didukung dengan koneksi internet serta harus membuat laporan pekerjaan yang dilakukan selama di rumah. Handphone harus tetap aktif dan selalu memberikan respon,” katanya.

Ada dua bagian di Biro Hukum yakni Bagian Kajian dan Produk Hukum dan Bagian Layanan Hukum. Untuk bidang Kajian dan Produk Hukum, khususnya penyiapan keputusan dan peraturan, dilakukan dengan elektronik proses (via internet) baik dari mulai proses pengusulan yang disampaikan oleh unit kerja sampai proses selanjutnya hingga persetujuan/pengesahan oleh Rektor.

“Untuk bagian Layanan Hukum, sebagai unit yang menangani kajian/menangani permasalahan hukum, ada penurunan jumlah permintaan. Mungkin ini dipengaruhi oleh berkurangnya kegiatan yang ada di unit kerja lainnya khususnya dalam melakukan perbuatan hukum. Namun peningkatan layanan justru terjadi di pengelolaan produk hukum (distribusi) dan informasi hukum melalui daring, karena yang sebelumnya hard copy masih lebih mendominasi sedangkan saat WFH ini hampir semua layanan informasi hukum dilakukan melalui internet,” ujarnya.

Bayu kemudian melakukan penyesuaian Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memberikan layanan kepada pimpinan/unit kerja, tentunya dengan tetap memperhatikan kewenangan yang melekat sesuai ketentuan yang berlaku. Menurutnya, sampai saat ini target jumlah layanan produk hukum selama masa partially closed down tetap sesuai dengan program kerja Biro Hukum. (Awl/Zul)


 



Published Date : 27-Apr-2020

Resource Person : Widodo Bayu Ajie, SH,

Keyword : Biro Hukum, IPB University, COVID-19