Begini Cara Membuat Handsanitizer dan Handsoap Ala Ahli Surfaktan IPB University


Pakar Surfaktan dan Bioenergi IPB University, Prof Erliza Hambali bagikan cara membuat Hand Sanitizer dan Hand Soap Liquid dari turunan minyak sawit. Prof Erliza berharap metode ini dapat membantu masyarakat untuk membuat handsanitizer dan handsoap sendiri.

Menurutnya hand sanitizer merupakan salah satu produk yang dapat digunakan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 karena alkohol yang terkandung di dalamnya dapat membunuh virus dan lebih aman jika digunakan langsung ke tubuh.

Prof Erliza mengatakan bahwa hand sanitizer dapat dibuat dari gel lidah buaya dan gliserol turunan minyak sawit sebagai emolient. Gliserol cukup mudah didapatkan karena banyak dijual di pasaran.

Langkah pertama, timbang etanol (95.6 persen) sebanyak 73.22 persen, tambahkan gliserol sebanyak 2.5 persen, gel lidah buaya sebanyak 2.5 persen, parfum sebanyak 0.4 persen dan air hingga menjadi 100 persen. Hand sanitizer siap untuk digunakan.

“Untuk membuat antiseptik dan bakteri hand soap liquid berbahan turunan minyak sawit, kita perlu menyiapkan surfaktan MES dan masukan ke dalam reaktor. Timbang gliserin dan KOH 50 persen, kemudian masukkan ke dalam reaktor. Timbang air sesuai takaran dan masukkan ke dalam reaktor. Atur suhu reaktor pada 75-80 derajat celcius sambil dilakukan pengadukan selama satu jam. Selanjutnya lakukan pengecekan larutan pH base sabun yang terbentuk. Timbang base sabun sesuai kebutuhan, tambahkan surfaktan DEA, asam sitrat, parfum dan zat aktif sesuai kebutuhan. Lakukan pengukuran pH, tambahkan NaCI sesuai takaran. Aduk hingga homogen,” ujarnya. (dh/Zul)


 



Published Date : 30-Apr-2020

Resource Person : Prof Erliza Hambali

Keyword : Hand Sanitizer, Prof Erliza Hambali, Surfaktan, IPB University