Ajak Berkarya Saat #StayatHome, DitmawaPK IPB University Buat Student at Home Challenge


Di tengah pandemi COVID-19, berbagai lapisan sosial masyarakat dihimbau untuk banyak tinggal di rumah. Hal ini akan berpengaruh pada aktivitas mahasiswa terutama kegiatan kompetitif, baik yang dilaksanakan pada ruang lingkup kampus, regional wilayah sampai tingkat Nasional. Sementara bagi sebagian orang, himbauan #stayathome atau work from home (WFH) dianggap dapat membatasi ruang gerak, kreativitas dan mobilitas.

Namun pengisolasian diri dalam rumah atau indekos tidak sepatutnya menghambat produktivitas mahasiswa. Dengan berbagai fasilitas teknologi yang tersedia, seseorang dituntut untuk produktif dan tetap menghasilkan karya-karya inovatif, meski hanya ada di dalam rumah.

Oleh karenanya, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center IPB University, yang berada di bawah Sub Direktorat Pengembagan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (DitmawaPK) melakukan ide menarik dengan menyelenggarakan kegiatan Student at Home Challenge (SHC), bertema “Living Inside, Thinking Outside”.

Kompetisi dilakukan secara daring dari tanggal 26 Maret hingga 19 April 2020 dengan berbagai kategori, yakni Esai, Kisah Inspiratif, Visual Storrytelling, Poster Edukatif dan Creative Photo Challenge. Antusiasme pun hadir dari berbagai penjuru. Terdata, sebanyak 4.821 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia ikut memeriahkan kompetisi ini. Jumlah karya yang submit ke panitia sebanyak 3.489 karya, masing-masing untuk kategori Visual Storytelling sebanyak 281, kategori Kisah Inspiratif sebanyak 624, kategori Esai Inovatif sebanyak 962, kategori Creative Photo sebanyak 567, dan kategori Educative Poster sebanyak 1155.

“Alhamdulillah rangkaian seleksi dan penilaian kompetisi nasional Student at Home Challenge SHC IPB 2020 sudah selesai dilaksanakan. Kompetisi nasional SHC IPB University ini diikuti oleh 395 perguruan tinggi se-Indonesia. Ada 4.820 mahasiswa pendaftar dengan jumlah karya atau naskah yang submit ke panitia ada 3590 karya atau naskah. Masing-masing cabang lomba sudah didapatkan finalisnya dan juaranya melalui hasil pleno dewan juri,” ujar Dr Alim Setiawan, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria turut menyambut baik kegiatan ini. Prof Arif memberikan apresiasi kepada peserta yang telah berupaya untuk tetap produktif di tengah kondisi saat ini. Dirinya berharap agar para mahasiswa terus menghasilkan karya-karya yang inovatif, meski keadaan yang terbatas.

Acara penutupan dan pengumuman pemenang SHC IPB 2020 dilakukan melalui live streaming Instagram. IPB University sendiri berhasil meraih juara hampir di semua kategori yaitu Juara 1 Esai, Juara 2 dan 3 Kisah Inspiratif, Juara 2 dan 3 Educative Poster dan Most Popular kategori Visual Storytelling. (Rz/Zul)


 



Published Date : 24-Apr-2020

Resource Person : Dr Alim Setiawan

Keyword : Student at Home Challenge (SHC), Ditmawa PK, IPB University