Mahasiswa IPB University Ciptakan Dongeng Kisah Seorang Putri Laut dan Plastik

Mahasiswa IPB University Ciptakan Dongeng Kisah Seorang Putri Laut dan Plastik

mahasiswa-ipb-university-ciptakan-dongeng-kisah-seorang-putri-laut-dan-plastik-news
Prestasi

Mahasiswa IPB University Mochamad Adam Maulana menciptakan dongeng berjudul “Kisah Seorang Putri Laut dan Plastik” untuk Siswa Taman Kanak-Kanak (TK). Dongeng ini dibacakan saat Sosialisasi Bahaya Marine Debris di TK Alif Babakan Lebak, Dramaga, Bogor, awal Februari lalu.

Karakter utama di dalam dongeng terdiri dari tuan paus, tuan penyu dan putri laut. Dongeng ini menceritakan tentang seorang Putri Laut yang kehilangan rakyatnya karena terjebak oleh sampah-sampah yang menumpuk di laut. Putri Laut kemudian dengan sepenuh hati menyelamatkan satu per satu rakyatnya yang terjebak. Di akhir cerita digambarkan saat putri laut mengajarkan kepada manusia betapa pentingnya untuk tidak membuang sampah sembarang apalagi ke laut.

“Pendidikan sejak dini kepada anak merupakan salah satu cara terbaik dalam upaya mengurangi sampah plastik. Hal ini sejalan dengan program IPB University dalam implementasi Green Campus 2020,” ujar Adam.  Menurutnya siswa-siswi sangat antusias saat proses mendongeng berlangsung.

Respon mereka sangat baik. Hal ini terlihat dari komentar para peserta.   “Aku suka karakter ikan paus, Kak!” ucap Husin salah satu siswa TK Alif Bogor. Sementara Almirah lebih menyukai Putri Laut karena kebaikannya.

Setelah dongeng selesai, siswa-siswi diajarkan untuk membuang sampah di sekitarnya ke tempat sampah. Saat pembuangan sampah berlangsung, siswa-siswa juga menyanyikan lagu “Jaga Lingkungan” sehingga siswa-siswi semakin semangat untuk membuang sampah. (**/Zul)