IGAF IPB University Ajarkan Pola Hidup Ramah Lingkungan bagi Anak-Anak di Bogor


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Indonesian Green Action Forum (IGAF) IPB University melakukan kegiatan Edu Green Village, di Desa Kebon Kopi, Cibanteng, Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Kegiatan yang dilakasanaman dua kali dalam sebulan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Kita harus memahami bahwa peran mahasiswa sangat besar terhadap pembinaan masyarakat. Terutama mengajak anak-anak dan remaja supaya tertarik untuk belajar menjaga kebersihan, keasrian maupun keberlanjutan lingkungan. Peran aktif, kolaborasi, dan edukasi merupakan kunci dari kesuksesan pengabdian dan pembinaan masyarakat," ungkap Muhammad Saddam Isra, Ketua UKM IGAF IPB University.

Saddam menjelaskan, kegiatan Edu Green Village menerapkan konsep pembelajaran menggunakan media berupa video edukatif, alat peraga, dan karya hasil daur ulang. Edukasi yang difokuskan pada acara ini antara lain adalah tata cara memilah sampah, pentingnya keberadaan pohon dan praktik membuat karya berbahan sampah daur ulang. Sasaran kegiatan kali ini adalah anak-anak usia 5-8 tahun.

Dava Kenes Amanda selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Edu Green Village mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja utama UKM IGAF IPB University.

“Acara Edu Green Village ini berjalan lancar. Persiapan yang dilakukan mahasiswa IPB University sangat baik dan sesuai dengan rencana. Partisipasi mahasiswa dan minat masyarakat dalam mengikuti kegiatan juga tergolong besar. Kali ini ada 30 mahasiswa yang ikut dalam pembinaan desa ini dan bekerja sesuai dengan perannya masing-masing,” ujar Dava Kenes Amanda.

Ke depannya, kegiatan Edu Green Village diharapkan bisa lebih menarik dan bermanfaat sehingga mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat serta mampu mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk selalu menjaga lingkungannya secara berkelanjutan.  (*RA)
 



Published Date : 12-Feb-2020

Resource Person : Muhammad Saddam Isra, Ketua UKM IGAF IPB University.

Keyword : IGAF IPB, lingkungan, sadar kebersihan, cinta lingkungan, IPB University