Mahasiswa IPB University Juara 2 Lomba Debat Nasional Agent of Change

Mahasiswa IPB University Juara 2 Lomba Debat Nasional Agent of Change

mahasiswa-ipb-university-juara-2-lomba-debat-nasional-agent-of-change-news
Prestasi

Tiga mahasiswa dari Program Keahlian Manajemen Industri Sekolah Vokasi IPB University yaitu Wulan Safitri, Ratna Elika, dan Jordan Rizky Maulana berhasil meraih Juara II lomba debat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), awal Desember lalu di Bandung. Lomba debat ini mengangkat tema Quo Vadis Agent of Change dan Agent of Communication pada Generasi Milenial.

Melalui esai yang berjudul “Mahasiswa sebagai Agen Perubahan yang Komprehensif Demi Kemajuan Bangsa dan Negara” ketiga mahasiswa ini berhasil masuk ke babak final dan menjadi juara kedua.
“Untuk lolos ke final, kita harus seleksi esai terlebih dulu. Kami mengangkat esai tersebut karena dinamisnya perkembangan zaman, sumberdaya manusia Indonesia perlu ditingkatkan sehingga bisa menghambat kemajuan bangsa apabila tidak dioptimalkan. Gagasan kami lebih difokuskan pada revolusi mental seperti berjiwa pemimpin, berpikir kritis, serta memiliki wawasan yang luas. Berbekal ketiga hal ini, yang kami harapkan, pemuda-pemuda nantinya dapat menjadi penggerak di masyarakat”, tutur Ratna.

Gagasan perubahan yang diangkat juga menitikberatkan pada tiga aspek yaitu cakrawala, keterampilan dan pengabdian sehingga dapat benar-benar saling bersinergi.
Yang pertama, mahasiswa diwajibkan belajar banyak hal, baik ilmu yang diberikan oleh dosen maupun kajian dan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di lingkungan sekitar. Poin kedua yaitu dari ilmu yang didapat pada poin pertama, mahasiswa diharapkan menjadi pribadi yang terampil dan memiliki pola pikir yang kritis. Terakhir, berbekal pada poin pertama dan kedua, mahasiswa dituntut untuk dapat mengabdi di masyarakat.

“Jadi penekanan mentalnya lebih ke pengetahuan, kreativitas dan kritis yang didasari kepedulian terhadap sesama,” tambah Ratna. Menurut Ratna, kunci keberhasilan hingga meraih juara dua yaitu kerjasama yang baik di tim dan saling menerima kritik. Lomba debat ini diikuti oleh 31 tim dari 20 perguruan tinggi di Indonesia dan diambil delapan tim terbaik untuk melaju ke final. (Ath/Zul)

Keyword: Prestasi Mahasiswa, Lomba Debat, IPB University