Tingkatkan Minat Bisnis, IPB University Hadirkan Para Founder Bisnis Anak Muda


Bisnis jangan dijadikan sebagai alat untuk mencari keuntungan semata, tapi bagaimana menjadikan bisnis berdampak bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar. Hal ini disampaikan Irfan Satria, Ketua Century IPB University saat membuka seminar nasional kewirausahaan The 5th IPB Business Festival di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus Dramaga, Bogor (14-15/09).

Acara ini dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Century IPB University. Seminar ini bertema “Youthquake: Maintaining Youth Business in 4.0 Era”. Seminar ini menghadirkan Ryan Angkawijaya sebagai Founder Snazzy Boom, Sandi Sagara sebagai Founder Mozza Bistro, Pandji Pragiwaksono sebagai Stand Up Comedian, Indra Sugiarto sebagai Founder Masuk Kampus, dan Hendy Setiono sebagai Founder Kebab Baba Rafi.

Ryan bercerita bahwa ia memulai bisnis arum manis setelah bangkrut di salah satu perusahaan. Menurutnya, bisnis seharusnya menjadi solusi masalah bagi masyarakat. “Dalam menjalani bisnis kita harus mempelajari target pasar, channel dan diversifikasi produk. Pengusaha bisnis tidak hanya fokus dalam produk namun membangun merek sesuai keinginan konsumen. Penggunaan peta dalam business model canvas juga menjadi faktor penting,” papar Ryan.

Sementara itu, Sandy menjelaskan bahwa kesulitan bisnis lebih ke teknisnya. Ilmu kuliner penting karena dapat mengeskpresikan ke berbagai hal. Kita perlu mempelajari teknologi, khususnya mengerti dalam perubahan demografi dan teknologi. “Sifat konsumtif di Indonesia berkontribusi 60 persen di perputaran uang dalam perekonomian. Ketika bisnis sedang dalam masalah, jangan terlalu meratapi karena harus terus bergerak,” terangnya.

Pandji bercerita bahwa skill yang harus dikuasai mahasiswa sebelum menghadapi dunia pasca kampus adalah kegigihan dan bekerja sama dalam perbedaan.

“Sukses adalah ketika bisa menggabungkan apa yang diminati dan apa yang dikuasai. Kita punya hak untuk menyukai karya seseorang. Berada di zona nyaman berarti membuang waktu untuk mengejar passion kita,” ujarnya.

The 5th IPB Business Festival merupakan acara tingkat nasional yang berbasis kewirausahaan. Rangkaian acara ini berupa seminar nasional kewirausahaan dan Business Model Canvas. (Ghinaa/Zul)



Published Date : 18-Sep-2019

Resource Person : Ryan Angkawijaya, Sandi Sagara, Pandji Pragiwaksono, Indra Sugiarto dan Hendy Setiono

Keyword : Bisnis, Pandji Pragiwaksono, Ryan Angawijaya, Sandi Sagara, Indra Sugiarto, Hendy Setiono

SDG : SDG 17 - PARTNERSHIPS FOR THE GOALS, SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH