Rektor IPB University Tandatangani Kerjasama dengan University of Nottingham


Rektor IPB University, Dr. Arif Satria diundang untuk menandatangani kerjasama dengan Vice Chancellor atau Rektor University of Nottingham Prof. Shearer West di kampus Nottingham (22/6). Acara tersebut disaksikan Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Iptek Dikti (SDID), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia (RI), Prof. dr. Ali Ghufron Mukti dan sejumlah pejabat di lingkungan University of Nottingham. Kerjasama ini meliputi bidang pendidikan dan penelitian, yang di dalamnya terdapat program mobilitas internasional, publikasi, riset bersama, dan pembimbingan studi mahasiswa bersama.

Salah satu program dalam jangka pendek ini adalah riset tentang Future Food yang nanti akan melibatkan sejumlah mahasiswa S2 dan S3 dari kedua Universitas tersebut. Future food adalah topik yang sangat aktual, di dalamnya mencakup topik pertanian digital. Hal yang mendasari kerjasama ini adalah komitmen bersama untuk terus mendorong kemajuan pertanian Indonesia di era digital ini. Melalui kerjasama ini, diharapkan ada percepatan proses transformasi pertanian 4.0. Ini penting mengingat kecenderungan pertanian digital sudah menjadi keniscayaan dan para petani di Indonesia harus dipersiapkan sehingga tidak tertinggal lagi.

"Memang tidak mudah untuk melakukan transformasi ini mengingat mayoritas petani di Indonesia masih tergolong tradisional. Namun kita optimis bahwa kalau ada terobosan-terobosan baru dalam inovasi sosial maka kita akan bisa", ujar Dr. Arif Satria.

Usai menandatangani naskah kerjasama ini, Rektor IPB University diundang untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran tentang kerjasama triple helix dalam hilirisasi Inovasi IPB University.



Published Date : 25-Jun-2019

Resource Person : Dr. Arif Satria

Keyword : Rektor IPB University, Kerjasama, University of Nottingham

SDG : SDG 17 - PARTNERSHIPS FOR THE GOALS