Tani Center IPB University Komitmen Sajikan Konten Menarik dalam Aplikasi Mobile DigiTani

Tani Center IPB University Komitmen Sajikan Konten Menarik dalam Aplikasi Mobile DigiTani

tani-center-ipb-university-komitmen-sajikan-konten-menarik-dalam-aplikasi-mobile-digitani-news
Berita

Tani Center IPB University menggelar Pelatihan Penulisan Konten Aplikasi DigiTani.  Pelatihan ini digelar di Hotel Salak Heritage, Bogor pada Kamis, (12/12). Dr Ir Hermanu Triwidodo, MSc, Kepala Tani Center IPB University menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan awal dari program Tani Center.

“Kegiatan ini sebagai media untuk mempertemukan para pakar dalam rangka mendukung layanan Cybex untuk publikasi dan konsultasi pertanian sehingga tercipta sebuah market place. Nantinya akan  mengarah kepada big mart. Pertemuan ini merupakan awal dari kegiatan tersebut,” ujarnya.

Hadir dalam acara ini sekaligus didaulat untuk membuka acara adalah Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital, Ir Julio Adisantoso, MKom. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa tahun 2013 pihaknya telah mengembangkan cyber extention (cybex) dalam bentuk penyuluhan digital.

Aplikasi tersebut berbasis web di alamat http://cybex.ipb.ac.id dan dikembangkan untuk membantu menyelesaikan berbagai persoalan penyuluhan pertanian. Selanjutnya, dikembangkan kembali dalam kegiatan IPB Goes To Field (IGTF)  dengan pengembangan dan pemanfaatan media digital seperti kelompencapir berbasis digital conference. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi aplikasi yang dibutuhkan untuk petani maka dikembangkanlah sistem yang berbasis mobile.   “Aplikasi ini tidak dapat berfungsi dan digunakan secara optimal jika tidak dapat digunakan oleh petani. Konten menjadi krusial dan penting, untuk itu konten DigiTani perlu dikembangkan,” tegasnya.

Sebagai upaya untuk menyiapkan konten aplikasi yang telah dikembangkan tersebut perlu diawali dengan pembekalan penulisan konten populer oleh para kontributor. Kontributor yang dimaksud meliputi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan IPB University.

Pada kesempatan ini, Tani Center IPB University menghadirkan Mohammad Akbar, Jurnalis Republika untuk memberikan materi tentang pola penulisan artikel ilmiah jenis straight news yang bersifat singkat, padat dan jelas. “Artikel populer harus berorientasi pada pembaca awam, berempati pada pembaca, tidak mempersulit atau menyiksa pembaca, harus berpikir secara sederhana dan sistematis. Konsep yang digunakan adalah piramida terbalik dengan menerapkan formulasi 5W 1H,” jelasnya.

Pembicara lain yang dihadirkan dalam acara ini adalah Kepala Bidang Pendidikan dan Peningkatan Kapasitas Petani, Tani Center IPB University, Said Abdullah dan Pengembang Aplikasi DigiTani berbasis mobile, Dean Apriana, SKom, Mkom. (YDI/RA)

Keyword: DigiTani, jurnalistik, Tani Center IPB, cybex IPB