Nugget Daun Lamtoro Karya Mahasiswa IPB Sabet Juara 3 Business Plan Competititon

Nugget Daun Lamtoro Karya Mahasiswa IPB Sabet Juara 3 Business Plan Competititon

nugget-daun-lamtoro-karya-mahasiswa-ipb-sabet-juara-3-business-plan-competititon-news
Prestasi

Banyak bisnis-bisnis baru yang dikembangkan oleh mahasiswa IPB University yang mengantarkan mereka meraih juara dalam kompetisi perencanaan bisnis (business plan).  Tiga mahasiswa dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) atas nama Santi Febrianti, Aisyah Nur Nabila, dan Thoriq Aziz berhasil mengharumkan nama IPB University dengan menyabet juara 3 dalam Lomba Business Plan Sharia Economic Expo 2019 di UIN Raden Fatah Palembang belum lama ini. Dalam bisnis plannya, mereka mengambil tema “Optimalisasi Islamic Sociopreneur untuk Mengembangkan Industri Halal di Indonesia”.

Tiga mahasiswa ini membuat inovasi nugget berbahan daun lamtoro atau petai cina yang tinggi kalsium sebagai pencegah stunting. Selain itu, ketersediaan daun lamtoro yang melimpah juga mendukung untuk membuat inovasi ini.

“Inovasi yang kami angkat adalah “Toro Nugget” yaitu nugget berbahan daun lamtoro sebagai makanan tinggi kalsium untuk mencegah stunting. Alasannya kenapa? Yang pertama adalah permasalahan stunting di Indonesia terlebih di Bogor. Menurut Bupati Bogor, Ade Yasin, masih ada 188.996 Balita di Kabupaten Bogor menderita stunting hingga akhir 2018. Alasan yang kedua adalah melimpahnya daun lamtoro namun belum termanfaatkan secara optimal,” kata Santi Febrianti.

Kandungan gizi dari daun petai cina atau lamtoro terbilang cukup lengkap. Dari beberapa kandungan gizi tersebut yang menonjol adalah kalsium. Gizi lain yang terdapat pada daun petai cina adalah lemak, protein, pospor, dan vitamin A.

“Sebenarnya untuk stunting itu tidak hanya masalah kurang kalsium saja tetapi gizi secara keseluruhan. Kami juga menambahkan beberapa bahan tambahan seperti wortel untuk menunjang kandungan gizi pada nugget. Pengembangan produk Toro Nugget ini, nantinya akan menggunakan campuran ikan lele, agar menambah kandungan gizi dalam nugget sehingga menjadi lengkap. Harapannya produk ini dapat berkembang dan diterima pasar,” tambah Thoriq Aziz.

Selain memanfaatkan daun lamtoro sebagai bahan nugget, yang menjadi keunggulan lain dari rancangan bisnis ketiga mahasiswa ini adalah sistem koin donasi untuk ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf).  “Dalam rancangan bisnis kami, ada sistem koin donasi untuk zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf atau yang biasa disebut (ZISWAF) yang mengarah ke potensi ekonomi islam modern dan sociopreneur,” tambahnya. (Ath/Zul)

Keyword; Petai Cina atau Lamtoro, Toro Nugget, IPB University, Juara Bisnis Plan