Ekspedisi Pulau Kecil Ala Himafarin IPB University

Ekspedisi Pulau Kecil Ala Himafarin IPB University

ekspedisi-pulau-kecil-ala-himafarin-ipb-university-news
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Himafarin), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), IPB University merupakan salah satu himpunan profesi yang memiliki ragam kegiatan diantaranya ekspedisi ke wilayah pulau kecil untuk memberdayakan masyarakat, mengimplementasikan inovasi, eksplorasi, dan survei potensi wilayah terkait perikanan tangkap.

Ekspedisi yang sering dikenal dengan Expedition of Fisherman Friends (EFF) ini rutin dilakukan oleh Himafarin tiap tahunnya.  “Kegiatan EFF dilakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat Himafarin sebagai sahabat nelayan,” ujar Fikri Kurniawan selaku Ketua Umum Himafarin FPIK IPB University tahun 2018/2019.

Himafarin juga aktif menggelar talkshow dan perlombaan yang bertemakan perikanan tangkap. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk festival yang disebut dengan Festival Perikanan Tangkap Nasional (Festanas). Kegiatan Festanas digelar untuk menggali kreativitas, inovasi, serta pengkajian isu terkini dalam bidang perikanan tangkap.

Fikri mengaku bahwa keikutsertaannya dalam Himafarin mendatangkan banyak keuntungan. Contohnya seperti peningkatan softskill dalam berorganisasi, belajar bekerja dalam tim dan menambah relasi.

"Menjadi pengurus himpunan profesi yang memiliki jargon ‘we want you to be one of us, to help the fishermen and to feed the hungry world’ ini memberikan saya pengalaman nyata untuk terjun langsung di tengah kehidupan nelayan. Kegiatan pemberdayaan nelayan terus dilakukan oleh Himafarin dalam rangka mengedukasi nelayan mengenai hal-hal penting yang dipelajari pengurus Himafarin selama di bangku perkuliahan," pungkas Fikri.  (Dinul/RA)

Kata kunci: fisherman, himafarin, IPB University, mahasiswa IPB, masyarakat, nelayan, perikanan tangkap