Dosen Mengabdi IPB University Kenalkan Mikrobiota Perairan Pada Siswa SMK

Dosen Mengabdi IPB University Kenalkan Mikrobiota Perairan Pada Siswa SMK

dosen-mengabdi-ipb-university-kenalkan-mikrobiota-perairan-pada-siswa-smk-news
Berita

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bersama Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University kembali menerjunkan Tim Dosen Mengabdi di berbagai daerah. Pada kesempatan ini, Dr Niken TM Pratiwi,  Inna Puspa Ayu, MSi, Aliati Iswantari, MSi dan Dwi Yuni Wulandari, MSi memberikan penjelasan tentang Mikrobiota Perairan kepada siswa-siswa di SMK Pertanian Pembangunan Cianjur, (11/12).

Dalam paparannya Dr Niken menjelaskan bahwa mikrobiota perairan memiliki peranan bagi kegiatan perikanan, dimana plankton berfungsi sebagai penyuplai oksigen dan sebagian sebagai pakan alami di perairan. Oleh karena itu, siswa mengenal mikrobiota perairan untuk kegiatan perikanan lanjut. Selain materi pengenalan terkait plankton, diperkenalkan juga terkait infusoria, bakteri akuatik, kultur plankton dan pengamatan serta penumbuhan mikrobiota akuatik.
 
Sementara itu Kepala Sekolah SMK Pertanian Pembangunan Cianjur, Drs H Sutarja, MPd, berharap kegiatan dosen mengabdi dari IPB University ini terus berkesinambungan untuk bisa memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan bagi siswa sehingga siswa bisa menerapkannya untuk melanjutkan studi di masa depan.
 
Sedangkan Mahmudin dan Siti Fatimah siswa SMK Pertanian Pembangunan Cianjur  merasa beruntung dapat mengikuti kegiatan ini. Mereka mendapatkan ilmu dan pengetahuan serta pengalaman baru yang dapat membuka wawasan dunia ilmu pengetahuan.

“Kami mendapatkan banyak pengalaman dari dosen IPB University. Selain itu ada juga peragaan atau praktik dengan menggunaan peralatan yang lengkap,” ujar Mahmudin. (awl/zul)
 

Kata Kunci : Dosen Mengabdi IPB University, mikrobiota perairan, Sekolah SMK Pertanian Pembangunan Cianjur