Mahasiswa IPB University Manfaatkan Limbah Ternak Lele Jadi Sumber Bisnis


Tim mahasiswa IPB University yang terdiri dari Hidayatus Solihin, Muhammad Fajar Kurniawan, dan Aliwa Ayu Fatimah berhasil menyabet Juara III dalam acara Business Plan Competition yang diadakan oleh lembaga dakwah kampus UIN Syarief Hidayatullah, Jakarta, Oktober lalu.
 

Mereka memanfaatkan limbah budidaya lele untuk menghasilkan pakan ikan. Hal ini sesuai dengan tema yang disediakan panitia perlombaan itu tentang pengolahan limbah.

 

“Jadi kita mengangkat limbah perikanan, yaitu limbah budidaya lele. Mengapa lele? Karena pakan lele itu kaya akan nutrient sehingga limbah airnya itu kaya akan nutrient organic yang dapat digunakan untuk kultur. Kultur dari limbah ikan lele ini, akan menumbuhkan daphnia yang dapat digunakan untuk menjadi pakan ikan. Daphnia yang dihasilkan, dapat dijual untuk pakan budidaya ikan. Kultur daphnia yang merupakan zooplankton yang dapat menjadi pakan ikan,” kata Hidayatus Solihin.

Laju peningkatan populasi daphnia yang cepat membuat bisnis kultur daphnia sangat menguntungkan apalagi kalau dikembangkan oleh pembudidayanya sendiri. Karena tidak mengeluarkan modal yang banyak.
“Pertumbuhan dahpnia itu sederhana. Peningkatan populasi sangat besar yaitu sebesar 100-110 persen per sepuluh harinya. Laju pertumbuhan ini sangat cocok apabila digunakan sebagai bisnis. Apalagi kita tidak perlu menambahkan apa-apa lagi dalam kultur daphnia,” ucap Dayat.

Produk daphnia ini mereka jual dalam bentuk frozen-daphnia dengan skala besar. Ini karena sekali panen dalam 10 hari menghasilkan 56 kg daphnia dari satu kolam. Untuk marketnya adalah ke pembudidaya ikan.
“Melihat besarnya bisnis di bidang perikanan, maka saya berpesan kepada mahasiswa. Kalau kita mau memulai bisnis, jangan malu dan tekuni bidang kamu. Karena di luar sana itu banyak orang yang mengagumi bisnis bidang perikanan,” tambah Dayat. (Ath/Zul)

Keyword: Ternak Lele, Daphia, Pakan Ikan, Bisnis Perikanan, FPIK, IPB University, mahasiswa IPB



Published Date : 05-Nov-2019

Resource Person : Hidayatus Solihin, Muhammad Fajar Kurniawan, Aliwa Ayu Fatimah

Keyword : Ternak Lele, Daphia, Pakan Ikan, Bisnis Perikanan, FPIK, IPB University, mahasiswa IPB