IPB University Lakukan Penguatan Kelembagaan SPR di Kabupaten Muara Enim


Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Muara Enim  melakukan penguatan kelembagaan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Kabupaten Muara Enim, Jumat-Sabtu (1-2/11).

Kegiatan pelatihan ini dihadiri sekitar 65 peternak yang merupakan pengurus dan anggota SPR dari Panca Muara Lengi dan Extrans Serasan Berkarya. Wakil Kepala LPPM IPB University  bidang Penelitian, Prof  Agik Suprayogi menyampaikan, SPR di Kabupaten Muara Enim  telah dideklarasikan pada 10 Desember 2015, dan telah dibina selama hampir empat tahun oleh LPPM IPB University. Berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi 2018 lalu, dipahami masih adanya kekurangan di aspek kelembagaan, walau aspek yang lain sudah cukup baik. Oleh karena itu perlu adanya upaya penguatan kelembagaan di SPR tersebut. Beberapa pendekatan yg penting dilakukan yaitu kegiatan pelatihan dan upaya inisiasi kerjasama dengan Rindam II TNI Sriwijaya.

 “Tantangan besar di tubuh SPR di Indonesia adalah masalah kolaborasi diantara pengurus dan anggota. Kolaborasi adalah masalah hati bukan masalah fisik berkelompok, jika hati sudah menyatu maka tidaklah sulit untuk melakukan pengelolaan SPR dengan baik dan benar,” kata Prof Agik.

Sementara Koordinator Bidang Kelembagaan Unit SPR LPPM IPB University, Ir Sutisna Riyanto, MS menambahkan bahwa nilai-nilai dasar SPR dan nilai kelembagaan serta  jiwa gotong royong (kolaborasi) harus diperkuat mengingat hal ini yang akan memperkuat SPR, karena SPR ini merupakan kebutuhan peternak.
LPPM IPB University berharap dengan kegiatan ini, dua kelembagaan SPR tersebut dapat segera membaik dan pada tahun 2021 mereka dapat lulus dan diwisuda untuk mendapatkan piagam "Kinarya Satwa Sentosa" menjadi SPR ke-11 dan ke-12 menuju peternak mandiri, berdaulat, dan sejahtera.

Kegiatan penguatan kelembagaan SPR ini, semakin kuat dengan hadirnya pembinaan karakter peternak oleh Rindam II TNI Sriwijaya terkait kebangsaan, nasionalisme, patriotisme, dan jiwa korsa, sekaligus sistem keamanan lingkungan ternak. (asp/awl/ris)


Kata kunci: Sekolah Peternakan Rakyat, SPR, Muara Enim, Mahasiswa IPB University



Published Date : 04-Nov-2019

Resource Person : Prof Agik

Keyword : Dosen IPB, LPPM IPB, Penelitian

SDG : SDG 17 - PARTNERSHIPS FOR THE GOALS, SDG 1 - NO POVERTY