Mahasiswa IPB University Raih Juara 3 Debat Ekonomi Nasional

Mahasiswa IPB University Raih Juara 3 Debat Ekonomi Nasional

mahasiswa-ipb-university-raih-juara-3-debat-ekonomi-nasional-news
Prestasi

Prestasi membanggakan berhasil diraih tim debat Agrolestari dalam ajang lomba debat ekonomi tingkat mahasiswa nasional. Tim Agrolestari beranggotakan tiga mahasiswa IPB University yang terdiri dari M Nur Farhani Uli Nuha, Futiha Hikmatul Husna, dan Usman Abdul Muluk. Mahasiswa IPB University ini berhasil meraih juara ketiga dalam ajang Lomba Debat Nasional Hipotesa Exhibition in Revolution (Hipotex-R) 2019 yang diadakan di Bogor pada 28 September silam.

Kompetisi ini merupakan event tahunan dari Himpunan Profesi Departemen Ilmu Ekonomi (Hipotesa) IPB University dengan berbagai rangkaian acara lainnya. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi dan kompetisi akhirnya tim Agrolestari dari IPB University berhasil meraih juara tiga dalam perlombaan ini.

Perlombaan debat nasional  merupakan ajang tahunan yang cukup bergengsi dan sangat diminati oleh mahasiswa di Indonesia. Kompetisi debat ini cukup ketat. Sebelum lolos memasuki tahap debat, pendaftar diwajibkan memberikan solusi kritis terhadap studi kasus dan permasalahan ekonomi. Tema debat nasional pada tahun 2019 ini difokuskan pada masalah gender dalam pembangunan, salah satu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

 Selanjutnya dipilih delapan besar tim yang berhak mengikuti lomba debat. Dimulai dari babak penyisihan hingga ke semifinal, mereka dihadapkan oleh tim-tim yang lolos delapan besar. Kebanyakan peserta lomba debat ini merupakan mahasiswa jurusan ekonomi atau bisnis.  Untuk meraih juara dalam kompetisi debat ini, ketiga mahasiswa harus bersaing dengan tim-tim dari perguruan tinggi se-Indonesia.

 “Kami sangat antusias dalam mengikuti kompetisi ini. Sebelum ke tahap debat, setiap tim pendaftar diharuskan menyelesaikan soal terkait isu ekonomi, ekonomi pembangunan hingga tentang peran perempuan, kesetaraan, dan keadilan gender dalam pembangunan. Senang sekali ketika tim kami lolos ke delapan besar. Alhamdulillah bisa meraih juara,” ujar Usman, mahasiswa IPB University dalam lomba tersebut.  Menyuarakan argumen dan solusi di perlombaan ini tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka bertiga.

Muhammad Farhani atau akrab dipanggill Aan juga menambahkan bahwa kompetisi perdebatan ini sangat menarik, topik-topik yang diajukan sangat menantang, karena banyak sisi pro dan kontra khususnya masalah kesetaraan gender dalam peningkatan kemajuan di bidang perekonomian.

Isu gender merupakan salah satu isu utama dalam pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia. Adanya ketertinggalan salah satu kelompok masyarakat dalam pembangunan, khususnya perempuan disebabkan oleh berbagai permasalahan di masyarakat yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Setelah bertanding dari babak penyisihan hingga ke semi final, akhirnya tim Agro Lestari IPB berhasil meraih juara ketiga dalam perlombaan ini.

Kemenangan ini diharapankan dapat memotivasi para pemuda untuk menyuarakan pemikiran kritis dan aspirasinya dalam diskusi menarik dan berwawasan. (HA/ris)