Departemen Biologi IPB University Resmikan Dua Stasiun Riset Lapang di Belitung

Departemen Biologi IPB University Resmikan Dua Stasiun Riset Lapang di Belitung

departemen-biologi-ipb-university-resmikan-dua-stasiun-riset-lapang-di-belitung-news
Berita

Monitoring Center Sustainable Tourism Observatory (MCSTO), Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University dan Belitong Geopark resmikan dua stasiun riset lapang. Peresmian Stasiun Hutan Kerangas Cendi dilakukan pada 24 Oktober 2019 dan peresmian Kawasan Geosite Bukit Peramun dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2019.

Ketua Departemen Biologi, Dr Miftahudin didampingi oleh Ketua MCSTO IPB University, Hirmas Fuady Putra, M.Si secara simbolik menanam pohon di kawasan tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri oleh masyarakat lokal, Pemuda Karang Taruna peserta Summer Course Bio-Geology of Belitong Geopark 2019 dari tujuh negara serta siswa-siswi SMA dan SMP.

“Biodiversitas hayati hutan kerangas akan menjadi fokus objek penelitian, salah satunya adalah keragaman tanaman insektivora,” ujar Dr Miftahudin.

Selain dapat dikembangkan sebagai objek pariwisata, kawasan ini juga dapat dikembangkan sebagai kawasan konservasi flora dan fauna. Sebagai kawasan hutan, Bukit Peramun memiliki berbagai jenis satwa primata dari mulai primata terkecil (Tarsius) hingga Lutung dan jenis primata lainnya termasuk primata pemakan daun dan pemakan buah. Konservasi habitat menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga eksistensi hewan-hewan tersebut.

“Ke depan, penelitian mengenai konservasi, sustainable tourism dan eksplorasi biodiversitas di kawasan Bukit Peramun akan semakin intens dilakukan oleh Departemen Biologi dengan melibatkan mahasiswa, peneliti nasional maupun internasional,” tutur Hirmas Fuady Putra, MSi, Ketua MCSTO IPB University. (**/Zul)

Keyword: Stasiun Hutan Kerangas Cendi, Kawasan Geosite Bukit Peramun, Monitoring Center Sustainable Tourism Observatory (MCSTO), Departemen Biologi IPB University