IPB University dan Kementan RI Gelar Seminar Internasional, Bahas Isu Lingkungan Dari Sisi Sains

IPB University dan Kementan RI Gelar Seminar Internasional, Bahas Isu Lingkungan Dari Sisi Sains

ipb-university-dan-kementan-ri-gelar-seminar-internasional-bahas-isu-lingkungan-dari-sisi-sains-news
Berita

Untuk pertama kalinya IPB University dan Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian RI menggelar seminar internasional yang berkaitan dengan isu lingkungan di bidang perkebunan. The 1st International Conference on Sustainable Plantation, 2019 digelar di IPB International Convention Center (IICC), Bogor (20/8).

“Banyak sekali isu negatif yang muncul terkait lingkungan terhadap komoditas kelapa sawit. Oleh karena itu, dalam seminar internasional ini kami mengundang Prof Dr Meine Van Noordwijk, Chief Scientist of The World Agroforestry Center, ICRAF. Beliau salah satu pakar yang berkontribusi terhadap lingkungan. Kita ingin bangun jejaring melalui konferensi ini. Untuk itu kita mengundang narasumber kunci di berbagai komoditas perkebunan. Karena kita ingin menyampaikan secara objektif bahwa perkebunan kelapa sawit memiliki banyak kontribusi dalam upaya reboisasi dan pemanfaatan lahan atau area terbuka yang tidak dimanfaatkan. Sehingga secara saintifik sebetulnya bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Dr Ahmad Junaedi, selaku Ketua Panitia.

Dalam kesempatan ini, Rektor IPB University, Dr Arif Satria mengatakan tentang pentingnya memahami perspektif pertanian di era teknologi 4.0. “Era Industri 4.0 diharapkan dapat memecahkan masalah pada banyak aspek sosial dan ekonomi dalam praktik pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian, IPB University Dr Suwrdi mengatakan “Dari kegiatan ini diharapkan ada solusi terkait pengelolaan perkebunan. Yakni adanya peningkatan produksi namun lingkungan tetap terpelihara dengan baik,” ujarnya.(dh/Zul)