Sosialisasi IPB University, Lokakarya Reorientasi Kurikulum Pendidikan 4.0


IPB University tengah melakukan Lokakarya Akademik sebagai bentuk arah kebijakan dan rencana implementasi, sehingga perlu adanya reorientasi kurikulum multistrata. Bertemakan “Sosialisasi dan Pralokakarya Pendidikan IPB 4.0 – K2020”. Sosialisasi ini tidak hanya reorientasi kurikulum  saja, tetapi merancang aplikasi fasilitas penunjang sistem informasi akademik yang dapat menjembatani informasi kelas dan peserta dengan aplikasi kuliah daring.  

Lokakarya Akademik diselenggarakan di Auditorium Toyib Hadiwijaya, (28/7). Fokus acara lokakarya akademik menyelaraskan proses pendidikan yang ditawarkan IPB University terhadap dinamika perubahan dan tuntutan jaman dengan cara mengatur dan mengoreksi struktur kurikulum serta proses pembelajaran, mengoreksi kembali dan menata ulang ‘peta kompetensi’ dan mengatur sebaran learning outcomes dengan mengintegrasikan kelompok hardskills maupun softskills secara profesional. Acara ini dihadiri oleh ketua departemen dan sekretaris, seluruh dosen dan tenaga pendidik di lingkungan Fakultas Pertanian. 

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber Dr.Ir. Drajat Martianto, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dan Ir. Lien Herlina, M.Sc, Direktur Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan IPB University. 

Dalam pembahasan diskusi tersebut seperti pada pemaparan Dr.Drajat bahwa goals pendidikan IPB 4.0 diantaranya foundational literacies, competencies, character qualities dan hal tersebut tidak selalu dalam bentuk mata kuliah. Hal ini yang mengakomodir pengembangan kompetensi abad 21 untuk mencapai intelektualitas unggul  dan memfasilitasi ekosistem tumbuh kembang diri,  personal growth. 

Dalam pemaparan Ir. Lien Herlina, M.Sc juga dibahas mengenai periode pendampingan dan pembimbingan mahasiswa dimulai sejak semester satu  sampai lulus dan akan menjadi tanggung jawab departemen. “Portofolio mahasiswa didokumentasikan sejak semester satu dengan bimbingan dosen departemen,” papar Lien.

Selain itu bahasan dilanjutkan dengan bagaimana mengetahui tujuan dari rancangan mata kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU)  dengan beberapa goals, objectivse dan skills.  Sementara keempat goals tersebut  untuk memotivasi minat belajar sepanjang hayat untuk menjadi pembelajar tangguh, memperluas horizon berfikir untuk menjadi agile learner, memperkuat keinginan to be the best dan  memperkuat karakter nasional. 

Acara ditutup dengan diskusi yang dipandu oleh Dr. Suwardi, Dekan Fakultas Pertanian dan Dr. Nurhayati, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian selaku pembawa acara. Berbagai masukan terkait perubahan kurikulum dan metode pembelajaran menjadi catatan penting Fakultas Pertanian IPB University untuk pencapaian mutu terbaik. (ridho/ris)



Published Date : 10-Jul-2019

Resource Person : Dr.Ir. Drajat Martianto, M.Sc

Keyword : reoreintasi kurikulum, lokakarya, akademik