Dubes AS Kunjungi IPB University

Dubes AS Kunjungi IPB University

dubes-as-kunjungi-ipb-university-news
Berita

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS), Joseph R Donovan Jr kunjungi Indonesia dalam rangka peringati 70 tahun terjalinnya kerjasama diplomatik antara Indonesia dan AS. Dalam kunjungan ke Indonesia, Joseph juga berkesempatan mengunjungi beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya IPB University.

Joseph R Donovan Jr hadir dalam pembukaan summer course yang diselenggarakan oleh IPB University dan Villanova University, Amerika di Seafast Center, Kampus Dramaga, Bogor (8/7). Summer course ini diikuti oleh 21 peserta dari berbagai negara.

Summer course ini merupakan program yang pertama kali dirancang oleh Villanova University, tentunya dalam lingkup kerjasama Indonesia dan Amerika. Summer course akan dilaksanakan selama enam minggu. Mahasiswa belajar terkait proses pembuatan minyak atsiri cengkeh, budidaya, proses pengilangan minyak. Selain itu mereka juga akan ke Bali untuk melihat pertanian cokelat.

Dalam sambutannya, Joseph mengatakan bahwa gedung Seafast Center merupakan salah satu contoh gedung hasil kerjasama Indonesia dan Amerika.
“Selama kerjasama dengan Indonesia, termasuk dengan IPB University, banyak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa untuk belajar ke Amerika,’ ujarnya.
Kedatangan Dubes AS disambut langsung oleh Rektor IB University, Dr Arif Satria. Dr Arif berharap kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat terus meningkat terutama dalam upaya Indonesia menghadapi tantangan era industri 4.0.
“IPB University sudah menjalin kerjasama internasional. Ada sekitar 174 Memorandum of Agreement. Selain itu, saat ini sudah ada pertemuan 10 rektor di Indonesia yang akan melakukan kerjasama untuk memperkuat riset dengan Universitas Massachusetts, Amerika,” ujar Rektor.
Sementara itu menurut Sekretaris Seafast Center, Prof Lilis Nuraida, Seafast Center fokus pada peningkatan kualitas makanan, nutrisi dan keamanan melalui sains dan teknologi. Untuk itu Seafast Center secara aktif mencari kemitraan dan kerja sama timbal balik dengan banyak lembaga nasional, regional dan internasional.

Secara internasional, Seafast Center juga memiliki hubungan yang kuat dengan perguruan tinggi terkemuka dan lembaga terkait makanan lainnya di Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Selain itu, Seafast Center telah mengembangkan kerja sama dengan Texas A&M University. Sejak Januari 2005, Universitas A&M Texas (TAMU) dianugerahi hibah USDA-Foreign Agricultural Service416. Hibah ini akan membantu dalam pengembangan Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pangan dan Pertanian Asia Tenggara (SEAFAST) di Bogor, Indonesia.(dh/Zul)