Mahasiswa IPB Raih Juara Fotografi Infrastruktur Kelautan


Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Muhammad Iqbal Muzakki. Mahasiswa Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB  ini berhasil meraih Juara 3 Kompetisi Fotografi Tingkat Nasional dalam ajang Indonesia Ocean Expo (IOE) yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) Februari 2019 silam. Himpunan mahasiswa  tersebut bekerja sama dengan Society of Petroleum Engineers. Kompetisi ini mengusung tema potret infrastruktur kelautan. Foto karya Iqbal yang berjudul ‘Pembangunan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni untuk Meningkatkan Mobilitas dan Keamanan Transportasi Laut’ mencuri perhatian dewan juri. 

“Awal ingin ikut lomba ini karena pertanyaan essainya sesuai dan saya sudah mengambil foto yang sesuai dengan tema lombanya. Foto ini lebih mengarah ke landscape dan arsitektur. Potret ini diambil di kapal yang berada di Pelabuhan Bakauheni. Pelabuhan ini menghubungkan Kecamatan Bakauheni dengan Banten," ujar anggota Forum Scientific Studies (Forces) IPB tersebut. 

Kendala yang dihadapi Iqbal saat mengikuti lomba yakni dalam proses pembuatan essai. "Saya lebih sering mengikuti kompetisi fotografi dibanding essai, jadi belum terbiasa. Saat memotret, beberapa kali terjadi goncangan di kapal sehingga kadang menghambat,” tambah Iqbal. Pengeditan foto juga memerlukan waktu beberapa hari dan revisi.

Iqbal menjelaskan bahwa fokus fotonya bukan kapal, namun ke bangunan di belakang kapal seperti crane dan simbol fisik dari Provinsi  Lampung. "Komposisi foto ini pas karena kapal ini berada di antara dua crane," terang Iqbal. Ada empat kegiatan yang diselenggarakan di IOE 2019 yaitu Pre-Event, Kompetisi, Seminar, dan Expo.  Hasilnya fotografi finalis dipajang di pameran event IOE 2019.

Ke depannya Iqbal berharap dapat mengikuti kompetisi fotografi bergengsi seperti Sony World Photography. Lomba ini merupakan lomba pertama yang ia menangi setelah empat kali mengikuti lomba fotografi lainnya. Selain mempunyai minat fotografi, Karya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digagas Iqbal berhasil didanai tahun ini. Iqbal juga sempat menjadi asisten praktikum pada salah satu mata kuliah di TIN IPB. (Ghinaa/ris)



Published Date : 15-Apr-2019

Resource Person : Muhammad Iqbal Muzakki

Keyword : Juara Fotografri, Industri Pertanian, Forces