IPB Terima 1.698 Mahasiswa Baru Melalui SNMPTN 2019

IPB Terima 1.698 Mahasiswa Baru Melalui SNMPTN 2019

ipb-terima-1-698-mahasiswa-baru-melalui-snmptn-2019-news
Berita

Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima 1.698 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2019 ke IPB sebanyak 17.464 peserta. Hasil SNMPTN 2019 diumumkan Jumat (22/3). Hasil pengumuman dapat dilihat di laman http://snmptn.ac.id atau http://snmptn.ipb.ac.id. Informasi registrasi (daftar ulang) calon mahasiswa baru yang diterima di IPB dapat dilihat secara online melalui laman http://registrasi.admisi.ipb.ac.id.

Pada tahun ini, IPB menerima mahasiswa baru melalui enam jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN, Ujian Talenta Masuk IPB, Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Jalur Ketua OSIS, Jalur Beasiswa Utusan Daerah dan Jalur Program Internasional.

Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima di IPB melalui SNMPTN 2019, dapat menyiapkan dokumen registrasi yang sudah ditentukan serta mengunggah pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.

Berbeda dgn registrasi camaba tahun akademik 2018/2019, tahap awal registrasi calon mahasiswa baru IPB Tahun Akademik 2019/2020 secara online dilakukan  dengan mengakses laman registrasi.admisi.ipb.ac.id pada periode 8-22 April 2019. Sedangkan periode verifikasi berkas dilaksanakan tanggal 30-31 Juli 2019.

Registrasi calon mahasiswa baru IPB tahun akademik 2019/2020 yang diterima melalui jalur SNMPTN terdiri atas beberapa tahapan seperti berikut (sesuai dengan panduan pada laman http://registrasi.admisi.ipb.ac.id):

 

A. Registrasi Online

a. Mengisi Formulir Biodata secara online pada periode 8-22 April 2019 dengan melengkapi beberapa dokumen yang harus diunggah:

  1. Kartu peserta SNMPTN 2019
  2. Rapor Asli (Halaman Data Diri Siswa dan Halaman Rapor yang terdapat nilai Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia semester 1-5)
  3. SKHUN dan IJAZAH (bila sudah ada)
  4. Akte Kelahiran
  5. Kartu Keluarga Orangtua/wali
  6. Bukti daya listrik dan pembayaran listrik 3 (tiga) bulan terakhir di rumah orangtua/wali.
  7. Dokumen Penghasilan kotor (termasuk semua jenis tunjangan/ sertifikasi) ayah dan Ibu/Wali:

• PNS/TNI/POLRI dari instansi pemerintahan

• Pegawai Swasta/BUMN dari perusahaan

• Pekerjaan Lainya disahkan oleh Kepala Sekolah dan Kepala Desa/Lurah

b. Mengunduh, menandatangani dan mengunggah Formulir Mengikuti Program Pendidikan Kompetensi Umum (FORM PMB-192)

c. Mengunduh Tagihan Biaya Pendidikan di IPB (FORM PMB-BK19) mulai dari Senin, tanggal 29 April 2019.

d. Verifikasi berkas calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dilaksanakan pada tanggal 30-31 Juli 2019. Jadwal verifikasi dapat diunduh mulai Rabu, tanggal 8 Mei 2019.

e. Setiap Dokumen asli pada butir A.a.1. sampai A.a.7 dan bukti pembayaran biaya semester pertama di IPB, harus dibawa SENDIRI oleh calon mahasiswa baru (tidak dapat diwakilkan) untuk diperiksa keabsahannya sesuai dengan jadwal dan tempat verifikasi.

 

B. Pembayaran Biaya Semester Pertama di IPB (30 April s/d 17 Mei 2019)

1. Pada Semester pertama setiap mahasiswa diwajibkan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya asrama 1 (satu) tahun, dan Iuran BPJS bagi yang belum memiliki asuransi kesehatan.

2. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah biaya pendidikan selama menjadi mahasiswa IPB, ditetapkan berdasarkan dokumen resmi penghasilan kotor Orang tua/ Wali pada butir A.a.7, dan harus dibayarkan setiap semester sesuai dengan kalender kegiatan akademik IPB.

3. UKT semester pertama, biaya asrama tahun pertama, dan biaya BPJS kesehatan (bagi yang belum punya BPJS Kesehatan/asuransi Kesehatan) dapat dilunasi dengan mengikuti petunjuk pada FORM PMB-BK19, Ketentuan pada FORM PMB-BK19 bersifat final.

 

C. Informasi Penting

1. Calon mahasiswa baru dinyatakan telah selesai melakukan registrasi online bila telah mengunggah bukti bayar biaya pendidikan di IPB.

2. Hak menjadi mahasiswa baru IPB dinyatakan batal jika tidak melakukan registrasi online dan tidak hadir pada verifikasi berkas, serta memberikan keterangan dan data yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

3. Setiap mahasiswa baru wajib tinggal di asrama pada tahun pertama. Informasi nomor kamar dan jadwal mulai menghuni asrama dapat diunduh di ppku.ipb.ac.id mulai hari Senin, tanggal 22 Juli 2019.

4. Kegiatan mahasiswa baru di kampus IPB Dramaga, Bogor, dimulai pada hari Senin, tanggal 5 Agustus 2019.