Rektor IPB Presentasikan Agenda Agro-Maritim 4.0 di Monash University, Australia

Rektor IPB Presentasikan Agenda Agro-Maritim 4.0 di Monash University, Australia

rektor-ipb-presentasikan-agenda-agro-maritim-4-0-di-monash-university-australia-news
Berita

Pada rangkaian kunjungannya ke mitra strategis di Australia, Rektor IPB, Dr Arif Satria berkesempatan untuk mempresentasikan Agenda Agro-maritim 4.0 di forum Boardmeeting Australia Indonesia Center (AIC), Clayton Campus, Monash University, (7/2).  Forum ini melibatkan ilmuwan, Indonesianist dari  Monash University, praktisi bisnis dan media yang hadir dalam pertemuan tersebut. Dalam paparannya, Dr. Arif Satria menekankan pentingnya IPB untuk mempersiapkan mahasiswa lulusannya agar adaptif dan sesuai dengan perubahan-perubahan yang terjadi dikaitkan kebutuhan ketrampilan masa depan (future skill). Sehingga mereka nantinya siap untuk dapat mengikuti proses re-skilling maupun up-skilling selama menjalani karir baik sebagai techno dan socio-preneur atau profesi lainnya yang mumpuni. 

Rektor IPB juga menyampaikan  perlunya adaptasi yang cepat dalam menyikapi dinamika perubahan yang ada. “Teknologi dalam hal ini memegang peran yang penting. Oleh karenanya, sumberdaya manusia menjadi kunci keberhasilan, “ tandas Rektor.

Selama kunjungan di Monash University, Rektor IPB juga bertemu dengan Vice President Prof. Abid Khan dan Direktur AIC, Dr. Eugene Sebastian untuk membahas kelanjutan kerjasama riset konsorsium AIC fase ke dua yang memasuki fase research with impact (2019-2022) dimana tujuh perguruan tinggi negeri badan hukum (PTNBH) dan empat universitas di Australia akan terlibat dengan mengambil lokasi riset sebagai learning site di luar Jawa. Riset interdisiplin ini akan menjawab berbagai bidang permasalahan terkini terkait pangan, air, infrastruktur, transport, logistik dan kesehatan di wilayah Indonesia bagian timur.  Kerjasama ini akan melibatkan berbagai pihak baik perguruan tinggi, pemerintah, swasta serta masyarakat.

Selanjutnya, perluasan kerjasama juga dibahas dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Monash University sebagai tindak lanjut kunjungan Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB pada bulan Oktober 2018 khususnya untuk persiapan program double degree manajemen dan global business (Faculty of Economics and Business) untuk program S1 dan S2. Mobilitas mahasiswa antara dua institusi menjadi agenda yang juga segera akan ditindaklanjuti.

Selain itu pihak Monash University juga sedang mempersiapkan program master multidisiplin baru bidang ilmu pangan dan agribisnis. Program ini akan melibatkan fasilitas “Food Innovation Center” Monash University yang secara langsung akan mendekatkan antara dunia bisnis dengan kampus melalui riset-riset-nya dengan dilengkapi berbagai fasilitas modern. IPB akan menjajagi untuk bisa bekerjasama dalam program degree tersebut.

Pada kesempatan ini Rektor IPB didampingi Dr. Nunung Nuryartono selaku Dekan FEM IPB, dan Prof.Dr. Iskandar Z Siregar selaku Direktur Kerjasama Internasional IPB. (*)