Permudah Mahasiswa Mengadu, PPKU IPB Siap Luncurkan Aplikasi SIMARA

Permudah Mahasiswa Mengadu, PPKU IPB Siap Luncurkan Aplikasi SIMARA

permudah-mahasiswa-mengadu-ppku-ipb-siap-luncurkan-aplikasi-simara-news
Prestasi

Mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) semakin mudah untuk mendapatkan layanan terbaik melalui SIMARA. Yakni Sistem Informasi Manajemen Asrama. SIMARA adalah sebuah aplikasi android yang dapat diunduh di Google Play dengan menggunakan handphone berbasis android. Dalam SIMARA ini, pengguna, khususnya mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) dapat dengan mudah mengirimkan pengaduan sarana dan prasarana di Gedung Asrama maupun Common Class Room (CCR) seperti pengaduan umum, masalah air, listrik dan pengaduan lainnya. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengajukan surat keterangan aktif kuliah, keterangan sakit, bebas penahanan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan lain-lain.

SIMARA adalah aplikasi karya Heni Taryani, Tenaga Kependidikan Berprestasi IPB yang berhasil meraih Juara I sebagai Pengelola Keuangan Unit (PKU) terbaik di tingkat Nasional.

“Tujuan dibuatnya aplikasi SIMARA adalah untuk mempermudah semua proses administrasi akademik maupun non akademik. Saya hanya sebagai konseptor. Selanjutnya atas masukan dari pimpinan, dikembangkan konsep tersebut yang awalnya hanya untuk pelaporan sarana dan prasarana Asrama bertambah menjadi administrasi persuratan, kegiatan PPAMB dan informasi mengenai paket. Untuk pembuatan sistem, PPKU meminta bantuan jasa pembuatan sistem dari PT. Sintaxindo. Sementara untuk bisa diunggah melalui apps IPB, Alhamdulillah PPKU difasilitasi dan dibantu oleh pimpinan dan rekan-rekan dari Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD).” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Toni Bakhtiar, selaku Direktur PPKU IPB mengungkapkan bahwa semua mahasiswa PPKU dapat memanfaatkan SIMARA sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasinya, baik tentang fasilitas sarana prasarana, maupun terkait administrasi kemahasiswaan.
Direktorat PPKU adalah unit kerja di IPB yang dulunya bernama Direktorat Program Pendidikan Tingkat Persiapan Bersama, yang dulu sangat dikenal dengan singkatan TPB. Perubahan, ini terjadi sejak tahun 2015. PPKU merupakan tahapan perkuliahan di tahun pertama bagi mahasiswa baru sebelum menuju ke Fakultas ataupun departemen tujuan. PPKU mengampu mata kuliah dasar umum.(MS/Zul)