IPB Perluas Kerjasama Pendidikan dan Riset dengan University of Adelaide Australia

IPB Perluas Kerjasama Pendidikan dan Riset dengan University of Adelaide Australia

ipb-perluas-kerjasama-pendidikan-dan-riset-dengan-university-of-adelaide-australia-news
Berita

Rektor IPB, Dr Arif Satria, dan delegasi dalam rangkaian kunjungannya ke mitra strategis di Australia diterima langsung oleh Vice Chanchellor/Presiden University of Adelaide, Profesor Peter Rathjen dan jajaran pimpinan lainnya. Pada pertemuan tersebut dibahas perluasan kerjasama bidang pendidikan, khususnya gelar ganda master dan doktoral dan kerjasama riset interdisiplin. IPB telah menjalin kerjasama secara intensif dengan University of Adelaide sejak 2005 dan IPB menjadi satu-satunya partner strategis bagi University of Adelaide di Indonesia.  Kerjasama diawali dengan kegiatan penelitian bersama dan kemudian secara bertahap mulai dibuka program Double Degree  master bidang ekonomi yang memperoleh pendanaan dari Australian Award.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan, "Program double degree melibatkan kementerian dan pemerintah provinsi seperti: Kementerian Perdagangan yang telah mengirimkan 2 batch mahasiswa, Pemerintah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang telah mengirimkan 2 batch mahasiswa, juga Badan Pusat Statistik."

Lebih lanjut dikatakannya, tidak hanya di bidang ekonomi, program double degree juga mencakup bidang inovasi dan kewirausahaan, dengan mahasiswa dari Kementerian Perindustrian. Selain itu menurutnya, kegiatan mobilitas dosen University of Adelaide ke IPB juga secara rutin dilakukan setiap tahunnya untuk memberikan training terkait dengan penulisan artikel, kuliah tamu dan pembicara seminar. Demikian juga mahasiswa University of Adelaide berkunjung ke IPB untuk mengikuti kegiatan summer course di Fakultas Peternakan dan juga di FEM.

Tak hanya itu, juga dilakukan penelitian kerjasama melalui skema pendanaan dari ACIAR juga telah berjalan antara Center for Global Studies and Resources dengan IPB.  Selanjutnya, di bidang akademik perluasan kerjasama akan segera dilakukan utamanya membuka program baru  pendidikan gelar ganda doktor  (S3) bidang ekonomi dan juga bidang lainnya.

Selain bidang pendidikan, kerjasama riset internasional juga akan diperkuat melalui pendekatan interdisiplin. Tema riset unggulan sedang dikaji bersama oleh dua belah pihak diantaranya adalah bidang “global food and resources” serta “smart farming”.

Rektor IPB yang didampingi Dr. Nunung Nuryartono (Dekan FEM), Dr. Arief Daryanto (Dekan Sekolah Vokasi) dan Prof Iskandar Z Siregar (Direktur Program Internasional) juga berkesempatan mengunjungi School of Food, Agriculture and Wine di Waite Campus University of Adelaide yang memiliki fasilitas terkini dan tercanggih untuk mendukung penelititian frontiers seperti Plant Genomics Center, Plant Phenomics serta Plant Accelerator Facilities. Melalui fasilitas tersebut kegiatan penelitian pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas baru dapat dipercepat untuk mendukung pertanian berkelanjutan.