IPB Hadirkan Forum Calon Investor

IPB Hadirkan Forum Calon Investor

ipb-hadirkan-forum-calon-investor-news
Berita

Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) bekerjasama dengan MNC Sekuritas serta Bursa Efek Indonesia (BEI) mengadakan Forum Calon Investor. Forum ini dilaksanakan di Gedung C Kampus SB-IPB, Bogor Sabtu (09/02). Forum ini dihadiri oleh mahasiswa, alumni dan staf pengajar.

“Forum Calon Investor diadakan untuk mewadahi mahasiswa, dosen, juga alumni untuk belajar banyak hal yang berkaitan dengan bisnis, termasuk investasi dan pasar modal. Sebenarnya MNC Sekuritas sudah menawarkan kerjasama ini sejak lama, namun pihak kami belum siap karena adanya perubahan organisasi. Forum ini merupakan awal kerjasama kami. Banyak perusahaan lainnya yang menawarkan kerjasama, tapi kita belum memprioritaskan,” papar Agustina Widi, Dosen SB-IPB.

Forum ini menghadirkan dua pembicara berkompeten dalam hal investasi yaitu Mia Muthia (Executive Trainer Bursa Efek Indonesia) dan Anggraita Dewi (Marketing Online Trading MNC Sekuritas). Mia menjelaskan minimnya edukasi investasi di kalangan masyarakat.

“Sebagian besar pengeluaran masyarakat Indonesia dihabiskan untuk memenuhi gaya hidup konsumtif. Di Indonesia, posisi investor asing masih mendominasi karena mereka melihat peluang perusahaan. Banyak manfaat yang didapatkan ketika kita melakukan investasi. Salah satu kesempatan besar untuk berinvestasi adalah dengan menaruh saham pada pasar modal. Keuntungan yang diperoleh yaitu capital gain, corporate action, dan diundang dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS),” tambah Mia.

Sementara itu, pembicara lainnya yakni Anggraita menggambarkan tentang kemudahan berinvestasi dengan aplikasi trading online mereka.  “Dengan aplikasi ini kita tidak perlu repot dalam berinvestasi saham. Tradingnya bisa dimana saja. Kita juga bisa memantau saham kita melalui handphone,” katanya. Peserta Forum Calon Investor terlihat antusias dengan memberi banyak pertanyaan kritis.

IPB sebelumnya telah bekerjasama dengan MNC Sekuritas dengan meresmikan Galeri Investasi Syariah BEI di Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

Agustina berharap forum ini dapat menjadi sarana dalam bertukar pikiran. Dalam waktu dekat, SB-IPB mengadakan agenda terkait investasi yaitu Sekolah Pasar Modal dan Galeri Investasi BEI. Mahasiswa SB-IPB dapat bertanya terkait informasi dan mengikuti forum-forum diskusi di Galeri Investasi BEI ke depannya. SB-IPB juga akan membuka kesempatan bekerjasama dengan perusahaan lain. (Ghinaa/Zul)