Bibikost, Karya Mahasiswa IPB untuk Solusi Para Pencari Kost

Bibikost, Karya Mahasiswa IPB untuk Solusi Para Pencari Kost

bibikost-karya-mahasiswa-ipb-untuk-solusi-para-pencari-kost-news
Prestasi

Saat itu masih tingkat satu di Institut Pertanian Bogor (IPB), mahasiswa diwajibkan tinggal di asrama Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU). Selama tinggal di asrama, banyak mahasiswa yang sudah mulai mencari kostan karena masa tinggal di asrama terbatas (hanya satu tahun).

“Untuk menemukan tempat kostan yang cocok,  saya harus ke lokasi langsung dan hal itu saya rasa kurang efektif terutama dalam waktu,” ujar Stiffen Firdaus Solagrasia, inisiator Bibikost, mahasiswa Departemen Agribisnis IPB ini.

Berangkat dari hal tersebut, Stiffen bersama Kharist Hidayat (Departemen Agribisnis), Kautsar Ibrahim Hilmi (Departemen Ilmu Komputer), Nada Widyanto Rizki (Sekolah Bisnis) dan Jasmine Khoirunissa (Departemen Ilmu Komputer) berinisiatif menciptakan Bibikost.

“Bibikost adalah sebuah platform chatbot sehingga pertanyaan mengenai kostan di sekitar IPB dapat otomatis terjawab oleh admin kami. Saat ini Bibikost bisa ditambahkan melalui aplikasi line dan sudah ada lebih kurang 1200 pengguna,” tutur Hilmi yang berperan sebagai chief of technology.

Bibikost sudah mereka gagas sejak mereka masih tinggal di asrama, tepatnya pada tahun 2017. Menurut Kharist selaku Chief Marketing, awalnya bibikost dipasarkan untuk mahasiswa IPB saja. Namun, karena banyak sekali permintaan dari perguruan tinggi lain mengenai kemudahan yang ditawarkan oleh bibikost, mereka akan berencana untuk melebarkan sayap ke kampus-kampus lain.

Inovasi ini berhasil mendapatkan Juara I lomba Business Plan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB dan lomba Busines Plan Cooperative Week yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa Fakultas Ilmu dan Budaya Universitas Indonesia.

 “Lomba merupakan salah satu cara kami mengembangkan bibikost ini. Dengan berlomba, selain dapat menambah kemampuan dan kolega, karya kami semakin familiar di telinga orang awam. Kami harap bibikost dapat menjadi solusi untuk keresahan para anak rantau khususnya dalam mencari kost-kostan,” ujarnya. (AMA/Zul)