Tenaga Kependidikan IPB Raih Juara 1 Pengelola Keuangan Berprestasi Tingkat Nasional


Heni Taryani, pengelola keuangan di Direktorat Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) berhasil mengharumkan nama IPB dalam pemilihan  Tenaga Kependidikan Berprestasi 2018 yang diadakan oleh Kemenristekdikti di Jakarta pada 28-30 Oktober.

Melalui berbagai tahap seleksi dari IPB, Heni Taryani terpilih sebagai pemenang yang mewakili IPB di tingkat nasioanl. Seleksi tingkat nasional dilakukan dengan mengirimkan portofolio dan inovasi dari peserta yang kemudian dipilih menjadi sepuluh finalis.

“Seleksi dimulai dari tahap IPB, kemudian dipilih satu pemenang untuk mewakili IPB di tingkat nasional. Di tingkat nasional, kami (peserta) mengirimkan portofolio lengkap dengan inovasinya, kemudian dipilih sepuluh finalis dan diundang ke Jakarta”. kata Heni Taryani.

Sistem Informasi Manajemen Sarana Asrama (Simara) merupakan inovasi yang dibawakan Heni Taryani. Dasar pembentukan Simara adalah pelaporan sistem kerusakan asrama. Simara memiliki fitur keuangan dan sistem administrasi akademik dimana sistem administrasi akademik ini bisa diadopsi oleh unit lain di bagian perizinan dan persuratan. Simara ini merupakan inovasi baru yang akan dilaunching pada mingu ke delapan tepatnya setelah Ujian Tengah Semester (UTS).

Sistem yang akan dilaunching ini merupakan sesuatu yang inovatif karena berbasis web dan android sekaligus. Mahasiswa IPB bisa mendapatkan aplikasi inimelalui playstore IPB. Pemakaiannya juga sangat mudah yaitu hanya dengan mengirimkan foto kerusakan fasilitas asrama tanpa harus ke Bagian RumahTangga Asrama.

Menurut wanita kelahiran Bogor, 4 April 1979 ini, keunggulan dirinya dibanding dengan peserta yang lain adalah inovasi yang dibawanya sudah empat tahun dikerjakan ditambah dengan inovasi yang baru yang akan dilaunching. Selain itu, proses menghitung jumlah dana deposit, dan bagaimana sistem pelaporan yang tepat juga menjadi kelebihan Heni dibanding dengan peserta yang lain.

Heni telah terjun di dunia pengelola keuangan pada tahun 2012 dan mendapat penghargaan sebagai pengelola keuangan berprestasi II tingkat IPB pada tahun 2017 dan berprestasi I tingkat IPB sekaligus Nasional pada 2018 ini.

Heni  menyampaikan terimakasih kepada segenap pihak baik jajaran pimpinan dan staf Direktorat PPKU, Direktorat Sumberdaya Manusia dan Biro Komunikasi IPB yang telah membantu lancarnya kegiatan. Ke depannya, Heni berharap inovasi ini dapat membantu dirinya, pengelola keuangan serta para mahasiswa IPB. (Ath/Zul)



Published Date : 08-Nov-2018

Resource Person : Heni Taryani

Keyword : Heni Taryani, Tenaga Kependidikan Berprestasi 2018, Juara 1 Nasional