PLP IPB Adakan Pelatihan Mandiri Pengembangan Kompetensi


Seiring dengan perkembangan dan tuntutan akan kebutuhan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada stakeholders, Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan  “Coaching for Managers” bagi semua Kepala Tata Usaha (KTU) di lingkungan IPB pada 6-7 November 2018 di Hotel Seruni, Cisarua.

Pelatihan tersebut menyajikan beberapa materi untuk me-refresh pengetahuan para KTU  mengenai Komunikasi Bisnis yang disampaikan oleh Dr. Ninuk Purnaningsih, Sistem Informasi Menuju IPB 4.0 oleh  Ir. Julio Adisantoso, M.Kom, Pengelolaan Keuangan IPB Menuju 4.0 disampaikan oleh Prof. Dr. Agus Purwito dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) IPB Menuju 4.0 disampaikan oleh Prof. Dr. Syamsul Ma'arif.  

Rektor IPB, Dr. Arif Satria dalam dialog dengan para KTU pada acara pelatihan tersebut menyampaikan bahwa KTU sebagai ujung tombak pelaksanaan operasional kegiatan IPB yang langsung bersentuhan dengan stakeholders IPB,  harus bisa berkomunikasi dan menjadi corong bagi IPB kepada stakeholders dan calon stakeholders IPB. “Skill para KTU IPB perlu ditingkatkan untuk mendukung kinerja IPB menuju 4.0, dari mulai skill mengenai pengelolaan SDM, pengelolaan aset, keuangan sampai dengan pengelolaan kebersihan sarana dan prasarana. KTU juga perlu studi banding ke Singapura untuk melihat bagaiman hospitality, standar kebersihan dan ketertiban di sana,” kata Rektor IPB.

Sebagai manager yang berhubungan langsung dengan pegawai dan mahasiswa, KTU perlu juga memiliki kepekaan terhadap pengembangan SDM IPB dan peningkatan kemampuan apa yang dibutuhkan oleh para tenaga kependidikan IPB.  Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan IPB,  Prof. Dr. Agus Purwito menyampaikan bahwa tahun 2019 mendatang IPB akan mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk pengembangan SDM IPB. “Oleh sebab itu, IPB perlu masukan dari para KTU untuk mengidentifikasi pelatihan-pelatihan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemamppuan tenaga kependidikan IPB agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada stakeholders dan mendukung IPB Menuju 4.0.” (***/ris)



Published Date : 09-Nov-2018

Resource Person : Dr. Arif Satria

Keyword : Coaching for Managers, Kepala Tata Usaha, IPB 4.0