Hebat! Gagas Bisnis Memberdayakan Petani Lokal, Mahasiswa IPB Ini Sabet Dua Gelar Juara Sekaligus

Hebat! Gagas Bisnis Memberdayakan Petani Lokal, Mahasiswa IPB Ini Sabet Dua Gelar Juara Sekaligus

hebat-gagas-bisnis-memberdayakan-petani-lokal-mahasiswa-ipb-ini-sabet-dua-gelar-juara-sekaligus-news
Prestasi

Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB)  ini tidak mau jika hanya menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Mereka berinisiatif menggagas bisnis oleh-oleh. Gagasan tersebut mereka ikutkan dalam Business Plan Competition di Universitas Negeri Padang (UNP). Lomba yang bertajuk Gebyar Wirausaha Mahasiswa itu berlangsung dari tanggal 10-13 Oktober 2018.

Ketiga mahasiswa IPB ini adalah Audhi Aprilliant (Departemen Statistika),  Rhavif Budiman (Departemen Teknik Mesin dan Biosistem) dan M. Arif Ilyanto (Departemen Ilmu Ekonomi Syariah).  

Menurut mereka, tingginya angka wisatawan di Bogor menjadi peluang bisnis terutama bisnis oleh-oleh makanan. “Oleh-oleh ini berupa kue yang kami beri nama ‘Milk Cake Bogor Arjuna’. Bahan utamanya memang keju dan susu, akan tetapi kami tidak lupa untuk menyertakan hasil petani lokal yakni talas, manggis, pisang dan nanas,” tutur Audhi selaku Ketua Tim. 

Mereka mengusung empat bahan alami khas Bogor tersebut karena dinilai pemanfaatannya yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu, keberadaan kue tersebut diharapkan dapat mempromosikan potensi serta kearifan lokal Bogor.

Meski jajanan kue kekinian sudah menjamur di pasaran, mereka tetap yakin jika bisnisnya dikembangkan nantinya akan bersinar.  Hal tersebut didasari oleh beberapa keunggulan yang mereka tawarkan diantaranya: tanpa bahan pengawet dan perwarna buatan, tampilannya unik, memiliki cita rasa yang khas dan mengajak pembeli untuk turut serta memberdayakan petani lokal khususnya petani yang berada di wilayah Bogor. 

Berkat usaha keras akhirnya mereka berhasil memboyong Juara Dua di kompetisi ini. Asrama Koes Plus menjadi saksi bisu perjuangan mereka. Selain meraih Juara Dua,  tim ‘Milk Cake Bogor Arjuna’ ini juga mendapatkan predikat Best Poster.  “Saya optimis bisa memenangkan lomba ini, karena selain sudah mempersiapkannya  dengan baik, kami juga mengusung misi kebermanfaatan terhadap sesama,” pungkas Rhavif. (Ama/ris)