Mahasiswa Fisika IPB Kenalkan Ilmu Fisika pada Siswa-Siswi SMA

Mahasiswa Fisika IPB Kenalkan Ilmu Fisika pada Siswa-Siswi SMA

mahasiswa-fisika-ipb-kenalkan-ilmu-fisika-pada-siswa-siswi-sma-news
Berita

Himpunan Mahasiswa Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB) mengadakan rangkaian pengenalan Departemen Fisika kepada siswa-siswi di Jawa Barat dengan nama “Physic Expo”. Gelaran Physic Expo Ke-6 ini dilaksanakan pada 14-16 September 2018 bertempat di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Kegiatan Physic Expo tahun ini mengangkat tema “Understanding Physic for Future Technology.” Tema tersebut memiliki tujuan bahwa fisika sebenarnya bukanlah ilmu eksakta yang sulit dipahami oleh orang awam. Selain itu,  melainkan fisika adalah ilmu terapan penting bagi perkembangan teknologi.

“Kami sebagai mahasiswa fisika ingin mengenalkan bahwa untuk membuat teknologi maju bisa lewat fisika. Karena pada dasarnya semua teknologi berasal dari riset fisikawan,” ujar Nurdiansyah, Ketua Pelaksana Physic Expo 2018. Ia mencontohkan, komputer yang ada saat ini berasal dari pengembangan teknologi semikonduktor yang dikembangkan oleh fisikawan. Begitu juga dengan internet yang berasal dari riset particle acceleration, serta pengembangan nanoteknologi yang dasarnya berasal dari fisika kuantum.

Berbeda dengan Physic Expo tahun sebelumnya, gelaran Physic Expo kali ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu jawara fisika, paper competition, robotic challengephysic camp, workshop, physic talk, dan techno expo. Peserta kegiatan adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari Jawa Barat dan Jabodetabek, serta mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi.

Kegiatan lomba seperti jawara fisika dan paper competition, para siswa SMA diajak untuk mengembangkan kemampuan berfikir tentang ilmu fisika dan mengaplikasikannya dalam bentuk karya tulis maupun prototype. Lain halnya dengan robotic challenge, melalui kegiatan ini siswa-siswi SMA diperkenalkan tentang robotika dan ditantang untuk mengembangkan kemampuan mengoperasikan robot sederhana.

Selain kegiatan lomba, diselenggarakan juga workshop yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Workshop tersebut mengangkat tema “Advance Seismic Survey and Monitoring for Mitigation and Gheotermal Exploration.” Workshop ini bertujuan mengenalkan teknologi survei mitigasi bencana dan eksplorasi geotermal.

Di sela-sela rangkaian kegiatan lomba, siswa-siswi SMA juga diajak merasakan kuliah bersama dosen selama satu hari melalui kegiatan physic camp. Tidak hanya merasakan kuliah, para siswa-siswi juga diajak praktek langsung di laboratorium Departemen Fisika FMIPA IPB. (RA/ris)