Dosen IKK IPB Raih Distinguished Paper Award 2018 di Jepang

Dosen IKK IPB Raih Distinguished Paper Award 2018 di Jepang

dosen-ikk-ipb-raih-distinguished-paper-award-2018-di-jepang-news
Berita

Dr. Megawati Simanjuntak staf pengajar di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (Dept. IKK, Fema, IPB) berhasil meraih Distinguished Paper Award pada 2018 International Conference on Industry, Business and Social Sciences (IBSS) yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang (22-24/8). Dr. Megawati Simanjuntak dalam kesempatan ini membawakan paper berjudul “Coping Strategies in Consumer Complaints”.

Konferensi ini diwadahi dalam The Global Academic-Industrial Cooperation Society (GAICS) yang mencakup lima conference yakni 2018 International Conference on Industry, Business and Social Sciences (IBSS 2018), 2018 International Conference on Education and Learning (ICEL), 2018 International Conference on Engineering, Science and Applications (ICESA), 2018 International Conference on Health, Fitness and Exercise Science (HFES 2018), dan 2018 International Conference on Hospitality, Tourism, and Sports Management (HTSM 2018).

“Konferensi ini memberikan kesempatan bagi para delegasi untuk bertukar ide-ide baru dan pengalaman aplikasi secara langsung, untuk membangun hubungan bisnis atau penelitian dan untuk menemukan mitra global untuk kolaborasi di masa depan. Paper terpilih akan diterbitkan dalam the Conference Proceedings Citation Index (CPCI) terindeks oleh ISI. ISI adalah salah satu institusi yang melakukan proses indeks terhadap jurnal maupun proseding internasional. Tujuan dari konferensi ini adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, praktisi, serta profesional industri dari seluruh dunia untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dan kegiatan pengembangan di bidang Bisnis, Sosial Media dan Ilmu Sosial,” terang Dr. Megawati.

The Global Academic-Industrial Cooperation Society (GAICS) menerima total 449 pengiriman paper dari 29 negara, dengan tingkat penerimaan sekitar 71 persen. Sebanyak 340 peserta hadir  menyajikan 273 makalah dalam 40 sesi oral dan  empat sesi poster. Untuk IBSS sendiri, sebanyak 75 paper dipresentasikan secara oral poster serta delapan paper mendapatkan distinguished paper award.

Tiga invited speaker memberikan paparannya pada saat pembukaan yakni Takuya Kitagawa, PhD Executive Officer, Rakuten, Inc; I Made Sudjana, SE., MM., CHT., CHA, Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International, Dr. Michel Soto Chalhoub, PE, SE, MPP, Fmr. Sr. Director Cap Gemini Ernst & Young. Kegiatan berlangsung di Aula International Conference Center of Waseda University, Tokyo, Jepang.

“Selain mendiseminasikan hasil penelitian dalam konferensi internasional dan berdiskusi serta berbagi pengetahuan baru, upaya membangun dan memperluas jejaring dengan akademisi dan peneliti turut dilakukan untuk mengembangkan Journal of Consumer Science yang dikelola oleh Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fema IPB,” ujarnya.(**/Zul)