Mahasiswa IPB Ciptakan Box Kemasan Ikan dari Limbah Perikanan

Mahasiswa IPB Ciptakan Box Kemasan Ikan dari Limbah Perikanan

mahasiswa-ipb-ciptakan-box-kemasan-ikan-dari-limbah-perikanan-news
Riset

Ikan adalah komoditas yang mudah mengalami kebusukan karena memiliki kandungan air yang tinggi. Penurunan kualitas ikan dapat dilihat dari fisiknya, berupa tekstur daging yang tidak kenyal, insang tidak berwarna coklat kehitaman, mata tidak jernih, lendir yang meningkat, dan bau yang tajam.

Faktor utama penyebab penurunan kualitas ikan ialah suhu. Semakin tinggi suhu semakin cepat pula ikan mengalami penurunan kualitas.

Sebagai upaya mempertahankan mutu ikan dan memuaskan konsumen, tiga mahasiswa program sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat inovasi berupa box packaging (kemasan) untuk mengemas ikan segar.

Tim ini terdiri dari Yeyen Laorenza, Bella Febriana dan Indomora Naibaho yang dibimbing oleh Bambang Riyanto, SPi, MSi. Mereka membuat box kemasan ikan segar yang disebut Box Packaging insulator termal.  Kemasan tersebut berupa  box yang dilengkapi Insulator Termal (penahan suhu) berupa material peubah fase dari minyak ikan yang dicampur dengan nanokarbon aktif.

“Pembuatan material peubah fase tersebut memanfaatkan limbah minyak ikan hasil pengalengan ikan sarden di Pekalongan. Sedangkan karbon aktif yang digunakan dibuat dari limbah tulang dari industri fillet patin di Purwakarta. Material peubah fase  ditambahkan ke dalam material plastik untuk dicetak dalam bentuk box,” tutur Yeyen.

Material peubah fase sebagai insulator termal tersebut berfungsi untuk mencegah adanya pertukaran udara dari lingkungan ke dalam kemasan, sehingga suhu dalam kemasan dapat dipertahankan agar tetap rendah. Suhu yang rendah dan konstan akan dapat menjaga mutu ikan tetap baik. Cara kerja kemasan dalam menjaga mutu ikan adalah kemasan akan menyerap panas dari lingkungan dan disimpan dalam material peubah fase sehingga panas tidak masuk ke dalam kemasan.

Dengan ide tersebut tim ini berhasil lolos ke dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM PE) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Mereka menyertakan idenya dengan judul “Fish Freshness Transportation Box Packaging Insulator dengan Rancangan Struktur Penstabil Fluktuasi Suhu Berbasis Mikrokapsul Material Peubah Fase dari Limbah Industri Perikanan”. (IR/Zul)