“Fish Colla” Bawa Mahasiswa IPB Juara 2 LKTI Nasional

“Fish Colla” Bawa Mahasiswa IPB Juara 2 LKTI Nasional

fish-colla-bawa-mahasiswa-ipb-juara-2-lkti-nasional-news
Prestasi

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menunjukkan prestasinya di kancah nasional. Kali ini dua mahasiswanya berhasil menyabet Juara 2 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional di Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo. Ajang bergengsi ini diadakan pada tanggal 14-15 April 2018.

Mereka adalah Indomora Naibaho dan Joko Ahadi Priyanto. Keduanya mahasiswa dari Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Kedua mahasiswa ini menciptakan minuman berkolagen dari kulit ikan tenggiri yang mereka beri nama “Fish Colla”.

“Perlombaan ini sebenarnya diperuntukkan untuk mahasiswa-mahasiswa dari jurusan kesehatan. Di sana kami bertanding dengan mahasiswa dari jurusan farmasi, kedokteran, dan kedokteran hewan. Hanya kami berdua yang berasal dari jurusan perikanan,” ungkap Mora.

Menurut Mora, alasan mereka bisa meraih juara di perlombaan ini adalah karena mereka membawa produk yang berhasil mereka buat. “Rata-rata peserta lomba baru menampilkan ide yang belum direalisasikan. Produk kami pun mempunyai nilai tambah karena berasal dari limbah berupa hasil samping kulit ikan,” jelasnya.

Ide awal “Fish Colla” bermula dari ketertarikan Mora pada mata kuliah di departemennya. “Saya bahkan sudah mempunyai slide mata kuliah yang belum saya pelajari. Saya juga sering memperhatikan kakak kelas sedang penelitian sehingga muncul ide ini untuk membuat minuman berkolagen.”

Dibimbing. Prof. Nurjanah, Staf Pengajar Departemen Teknologi Hasil Perairan, FPIK IPB, kedua mahasiswa ini mengikutsertakan kembali gagasan mereka pada Lomba Essai Nasional UMRAH “LESIUM” 2018 di Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Kepulauan Riau. “Sudah masuk 15 besar dan akan presentasi di sana,” katanya.

Mereka berdua sangat bersyukur dan senang bisa memberikan yang terbaik untuk departemen. “Harapan kami semoga kami bisa terus mengharumkan nama departemen, fakultas, bahkan IPB.”

Indomora, salah satu peraih prestasi ini juga dikenal cukup aktif mengikuti perlombaan. Ia pun pernah meraih Juara 2 Lomba Karya Olah Pangan Nasional di Universitas Tirtayasa, Banten dan Juara 2 Business Plan Tingkat IPB yang diadakan oleh Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB. Mora juga merupakan Mahasiswa Berprestasi Bidikmisi Tahun 2017 dan peraih Beasiswa Sociopreneur dari Bank Syariah Mandiri.

Ditanya soal rahasia suksesnya, Mora berpendapat bahwa apapun yang ada di hadapan, lakukankah, jangan dihindari. “Prinsip saya, jangan kita mengharapkan sesuatu, bila kita tidak melakukan sesuatu,” tambahnya. (NIRS/ris)