Seafast Center IPB Gelar Pelatihan Diversifikasi Usaha UMKM Bogor

Seafast Center IPB Gelar Pelatihan Diversifikasi Usaha UMKM Bogor

seafast-center-ipb-gelar-pelatihan-diversifikasi-usaha-umkm-bogor-news
Berita

Seafast Center Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Diversifikasi Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor pada 14-15 Mei 2018, di Hotel New Cipayung Asri.  Pelatihan ini  rutin dilaksanakan setiap tahun.

Dalam kesempatan itu, peneliti Seafast Center yang juga dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) IPB, Dr. Tjahja Muhandri menyampaikan materi ‘Prosedur Pembuatan Roti Tawar dan Asinan Bogor dalam Cup’. Sedangkan rekan sesama penelilti di Seafast yang juga dosen di Departemen yang sama, Ir. Sutrisno Koswara, MSi menyampaikan materi ‘Label dan Desain Kemasan Bimtek serta Pengolahan Jamur dan Inovasi Pengolahan Buah’. Selanjutnya dilaksanakan praktik pembuatan asinan Bogor dalam cup, pengalengan jamur yang dilaksanakan di Pilot Plan SEAFAST Center. Sedangkan pembuatan roti tawar dilaksanakan di BreAd Unit yang didampingi oleh  Denny Agustin, STP.

Saat praktik peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Praktik ini selain didampingi narasumber juga didampingi  teknisi SEAFAST Center, Junaedi dan Deni Suhendro dalam proses pembuatan asinan Bogor dalam cup dan pengalengan jamur.  Hasil evaluasi pelatihan secara umum bahwa peserta pelatihan menginginkan pelatihan sejenis terus dilakukan dengan waktu praktik yang lebih banyak. (YSU dan MAI/ris)