Guru Besar IPB : Pot Organik Gantikan Polybag

Guru Besar IPB : Pot Organik Gantikan Polybag

guru-besar-ipb-pot-organik-gantikan-polybag-news
Riset

Guru Besar Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Sri Wilarso Budi R, MS berhasil mengembangkan pot organik yang fungsinya bisa menggantikan polibag dalam persemaian dan pembibitan tanaman. Untuk mendukung perkembangan unsur hara pada tanah-tanah yang bahan organiknya rendah seperti tanah hutan yang terdegradasi, maka bahan organik dapat direkayasa menjadi pot organik.

“Kebutuhan bibit untuk merehabilitasi hutan dan lahan terdegradasi (rusak) dibutuhkan 4-5 milyar batang pohon dalam waktu lima tahun. Artinya membutuhkan polibag sekira 13-16 juta ton, padahal polibag tidak akan terdekomposisi (busuk) dengan cepat,” ujarnya dalam konferensi pers pra orasi ilmiah di Kampus IPB Dramaga, Bogor (3/8).

Pot organik yang dikembangkan Prof. Wilarso ini terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan semai dan dapat menambah unsur hara ke dalam tanah. Keunggulan lainnya adalah pot organik dapat menjadi pupuk organik, karena kandungan unsur haranya cukup tinggi dan tidak menimbulkan pencemaran. Selain itu, pot ini praktis dalam penggunaannya karena dapat langsung ditanam di lapangan tanpa harus membuka potnya sehingga menghemat waktu dan dapat meningkatkan persentase hidup tanaman.

“Jika menggunakan polibag, kita harus membuka polibag-nya. Akibatnya tanaman menjadi stress. Pot organik itu cepat busuk atau terdekomposisi. Jadi pot organik ini berpotensi dalam membantu pertumbuhan tanaman pada lahan-lahan marginal dan terdegradasi,” tandasnya. (Zul)