Mahasiswa IPB Raih Juara Kedua UTU AWARD

Mahasiswa IPB Raih Juara Kedua UTU AWARD

mahasiswa-ipb-raih-juara-kedua-utu-award-news
Prestasi

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih Juara Umum Kedua dalam kompetisi   2nd  Universitas Teuku Umar (UTU) Award 2016. Dalam ajang tersebut IPB meraih juara 2 kompetisi Riset Unggulan Berbasis Entrepreneurship. Mereka adalah Oki Setiawan selaku ketua tim (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB), Yusrizal dan Christina Bakkara (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB). 

 Universitas Teuku Umar Awards (UTU Awards) adalah rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Teuku Umar sebagai salah satu wujud rasa tanggung jawab dalam menciptakan dan meningkatkan jumlah wirausahawan muda Indonesia. UTU Awards diharapkan dapat menjadi poin awal dalam menggali ide kreatif dan inovatif mahasiswa, terutama pada bidang Agro & Marine Industries.

 UTU Awards memiliki tujuan  merangsang semangat jiwa berwirausaha sejak dini (entrepreneurship spirit) bagi mahasiswa. Adapun kompetisi tersebut terdiri dari 5 jenis kompetisi antara lain yaitu: 1) Perencanan Bisnis; 2) Desain Toko Online; 3) Karya Inovatif Berbasis Agro; 4) Riset Berbasis Entrepreneurship; dan 5) Catur Teuku Umar. Sehingga dengan adanya kompetisi ini, UTU tidak hanya menghasilkan lulusan yang cerdas tetapi juga memiliki daya saing yang tinggi, cerdas, inovatif, dan semangat entrepreneurship yang tinggi dalam diri sarjana yang bersangkutan.

Malam Anugerah 2nd UTU AWARDS dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 12 November 2016 dengan menyerahkan total hadiah sebesar Rp 127,5 juta kepada 25 tim finalis mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi se-Indonesia. 2nd UTU Awards diikuti 214 tim mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di Indonesia. Piala Bergilir Menristekdikti dibawa Pulang oleh Universitas Brawijaya sebagai Juara Umum dengan total enam poin. Institut Pertanian Bogor (IPB) di posisi kedua dengan empat poin, dan STAIN Tengku Dirundeng – Meulaboh di posisi ketiga dengan tiga poin.

Bidang Riset Unggulan Berbasis Entrepreneurship, Juara I diraih  mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Juara II diraih oleh IPB, Juara III diraih  Universitas Teuku Umar, harapan I diraih oleh IPB serta harapan II diraih Universitas Negeri Yogyakarta.

Oki mengungkapkan bahwa persiapan yang kami lakukan yaitu membuat karya tulis yaitu "Hidrogel Superabsorben untuk Pertanian". “Fungsi hidrogel untuk pertanian khususnya untuk tanaman hidroponik tanpa memerlukan media tanah dan air secara terus menerus. Hidrogel juga bisa membantu petani saat musim kemarau karena hidrogel menyimpan sediaan air dalam jumlah banyak,” ujarnya.

Menurut Oki, motivasi mereka untuk berpartisipasi atas nama IPB pada ajang Kemenristekdikti agar dapat berkompetisi juga dengan universitas Se-Indonesia. Perlombaan tersebut konsepnya seperti bidang penelitian dimana presentasinya tertutup tidak ada audiens, hanya dihadiri oleh empat dosen dari perguruan tinggi ternama yang berbeda yakni ahli bidang kimia, pertanian, dan teknologi. (AT/ris)