“SO IMUT” Sosis Rumput Laut Pertama di Indonesia

“SO IMUT” Sosis Rumput Laut Pertama di Indonesia

so-imut-sosis-rumput-laut-pertama-di-indonesia-news
Riset

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan sosis So Imut, yaitu sosis yang diperkaya dengan rumput laut. Mereka adalah M. Habibur Rohman, Desta Elpina, Arief Wardana Herlambang, Fajriansyah Hendra Pratama, Miftah Rizky Islamoriza dari Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB.

“So Imut” merupakan produk yang memanfaatkan rumput laut (Sargassum sp) sebagai bahan bakunya. Inovasi ini berhasil didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) RI dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan tahun 2017.

“So Imut” bisa menjadi produk unggulan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat dari mulai anak-anak hingga usia dewasa. Produk sosis yang berbahan rumput laut ini belum ada di pasaran. Jadi peluang pasarnya masih luas,” ujar Habibur Rohman, selaku ketua.

Lebih lanjut Obi, begitu sapaan akrabnya menyampaikan bahwa fungsi utama pembuatan “So Imut” adalah sebagai kudapan yang menyehatkan karena diolah tanpa pengawet dan tanpa MSG. Tujuannya, agar lebih aman dan sehat, ditambah kandungan rumput laut di dalamnya.

Seperti kita ketahui, rumput laut (Sargassum sp) mengandung protein, karbohidrat dan serat kasar. Zat-zat tersebut sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena mempunyai fungsi dan peran penting untuk menjaga dan mengatur metabolisme tubuh manusia.

“Kami yakin “So Imut” mampu bersaing dengan produk sosis lain karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh sosis lainnya. “So Imut”  dikemas dengan kemasan yang berisi 6 pcs. Sejak awal produksi hingga saat ini, sosis rumput laut “So Imut” sudah terjual sebanyak 252 pcs,” ujarnya.(zul)